SOLOPOS.COM - Warga menyaksikan Supermoon dari Lantai IV Griya Solopos, Minggu (23/6/2013). (A Mufid A/JIBI/SOLOPOS)

Warga menyaksikan Supermoon dari Lantai IV Griya Solopos, Minggu (23/6/2013). (A Mufid A/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Sebagian besar warga Soloraya menikmati fenomena Supermoon atau bulan purnama sempurna, Minggu (23/6/2013) malam. Sejumlah warga sejak pukul 18.30 WIB mencari posisi yang strategis untuk menyaksikan fenomena setahun sekali tersebut.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Davis, warga Solo dan beberapa temannya menikmati Supermoon dari lantai IV tempat kerjanya. Davis mengungkapkan penasaran dengan fenomena tersebut, pasalnya jarang bisa mendapati fenomena bulan purnama terlihat sempurna dan sangat dekat dengan bumi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, langit Soloraya yang mendung membuat awan mendung sesekali menutupi purnama sempurna.

“Tapi bagus juga kok begitu awan mendung lewat, bulannya terlihat bundar dan bercahaya cantik sekali,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Seluruh orang yang berada di Indonesia akan mampu melihat bulan lebih besar dan lebih terang daripada biasanya pada Minggu (23/6/2013) petang.

Fenomena bulan tersebut biasa disebut dengan supermoon. Dimana bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang. Hal ini dikarenakan posisi bulan yang berada berada di garis edar yang paling dekat dengan bumi.

Posisi bulan purnama atau sepermoon yang paling sempurna di Indonesia terjadi pada pukul 18.32WIB dan akan terjadi selama 32 menit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya