SOLOPOS.COM - Supermoon Minggu (23/6/2013) di Boyolali yang diunggah @ardanhenry ke twitter @Soloposdotcom (Twitter @soloposdotcom)

Supermoon yang difoto dari Gedung A FKIP UNS, Minggu (23/6/2013), menggunakan kamera EOS 60D lensa 100-400mm USM dikirim oleh akun @fahdromas ke Twitter @soloposdotcom. (Twitter @soloposdotcom)
Supermoon di Purwodadi yang diunggah oleh akun Twitter @thanmusgie yang dikirim ke twitter @soloposdotcom. (Twitter @soloposdotcom)
Supermoon Minggu (23/6/2013) di Boyolali yang diunggah @ardanhenry ke twitter @Soloposdotcom (Twitter @soloposdotcom)
Supermoon di Jogja difoto oleh @rizqu_ilaah yang dimention ke Twitter @soloposdotcom, Minggu (23/6/2013) malam. ((Twitter @soloposdotcom)
Supermoon yang difoto dari Gedung A FKIP UNS, Minggu (23/6/2013), menggunakan kamera EOS 60D lensa 100-400mm USM dikirim oleh akun @fahdromas ke Twitter @soloposdotcom. (Twitter @soloposdotcom)

[/caption] SOLO–Meski di Kota Solo fenomena supermoon, Minggu (23/6/2013) malam sesekali tertutup awan mendung. Namun tidak dengan wilayah lain. Sejumlah seperti di Wonogiri, Purwodadi, Jogja dan Jakarta menyebutkan bisa menyaksikan kecantikan bulan purnama sempurna itu.

Purnama sempurna sejak pukul 18/30 WIB dinikmati masyarakat dari penjuru Indonesia. Meskipun supermoon tahun ini tak sebesar tahun lalu.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Sebagaimana dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, dibandingkan dengan Supermoon tahun lalu, jarak bulan kali ini sedikit lebih jauh, sehingga purnama sempurna itu tak sebesar tahun lalu.

Pada bulan Mei tahun 2012 lalu, manusia di bumi menikmati pemandangan antariksa yaitu mendekatnya bulan ke planet ini atau yang disebut dengan Perigee. Dengan jarak yang dekat ini, maka bulan akan tampak lebih besar dari biasanya atau disebut juga dengan nama Supermoon.

Sebagaimana dikutip dari Cnet dan merdeka.com, pada Minggu jarak bulan dan bumi hanya sekitar 221,824 mil atau 356.991 kilometer saja. Namun, apabila dibandingkan dengan tahun lalu, jarak bulan ini sedikit lebih jauh. Di tahun 2012 lalu, jarak bulan dengan bumi hanya sekitar 221.802 mil atau sekitar 356.955 kilometer.

Dengan jarak tersebut, ukuran Supermoon tahun ini tidak sebesar Supermoon tahun lalu.

Supermoon tahun ini dipercaya akan menjadi salah satu fenomena supermoon paling hebat sepanjang sejarah. Hal ini dikarenakan besarnya bulan yang akan terlihat nanti.

Supermoon merupakan fenomena yang membuat ukuran bulan lebih besar dari biasanya ketika dilihat dari bumi. Hal ini dikarenakan posisi matahari, bumi dan bulan yang sejajar sehingga daya tariknya membuat bulan lebih mendekat ke arah matahari dan bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya