SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Sepanjang 2012 pasar produk information technology (IT) 60% dikuasai tablet. Adapun pertumbuhan penjualan produk IT sempat tersendat tahun lalu, namun kuartal empat tahun ini meningkat pesat.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) DIY, Budi Setiawan mengatakan, krisis global tahun lalu sempat masih terasa di awal 2012 ini. “Tahun ini penjualan meningkat pesat, tapi memang global agak kurang bagus. Akibat krisis ekonomi global, Asia juga dibanjiri produk dari luar karena Eropa daya belinya sudah kurang sekarang,” ujarnya saat ditemui Harian Jogja di kantornya, Kamis (27/12).

Pertumbuhan penjualan elektronik IT diakui Budi tumbuh pesat. Tahun ini Budi mengatakan elektronik IT masih dikuasai oleh tablet dengan dua brand unggul yaitu Apple dan Samsung. Sisanya 20% merupakan produk PC dan Notebook.

“Di Jogja tablet yang dikenal itu hanya ada dua, Apple dan Samsung. Sementara notebook dan laptop cukup jatuh, karena tablet yang portable dan kini sedang tren mulai mendongkrak pasar di semua elemen. Tidak lagi menengah atas tapi menyeluruh ke kalangan menengah ke bawah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya