SOLOPOS.COM - Nokia N1 (JIBI/Harian Jogja/Nokia)

Tablet terbaru Nokia N1 kabarnya akan dirilis pada 7 Januari 2015 dengan banderol harga Rp3 juta.

Solopos.com, BEIJING – Media massa Tiongkok mengabarkan tablet Nokia N1 kabarnya akan diluncurkan perdana pada 7 Januari 2015. Tablet ini dijual sekitar Rp3 juta.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Media Tiongkok, Gizmo China, Rabu (31/12/2014), menyebut laporan peluncuran dan harga tablet Nokia N1 dipastikan oleh sumber dalam Microsoft.

Seperti dugaan sebelumnya, tablet Nokia ini akan diluncurkan secara perdana pada 7 Januari 2015 mendatang. Dengan target sementara hanya di Tiongkok terlebih dahulu.

Adapun secara spesifikasi tablet Nokia N1 memang masuk kategori mumpuni. Prosesornya menggunakan Intel quad core berkecepatan 2,3 GHz, RAM 2 GB, layar 7,9 inch dengan resolusi 2048×1536 pixel, kamera utama 8 MP, dan kamera depan 5 MP.

Tablet Nokia N1 juga dipastikan bakal menggunakan Android 5 Lollipop. Namun di atasnya akan berjalan tampilan khas Z launcher garapan Nokia sendiri.

Nokia N1 dipatok seharga US$250 atau sekitar Rp3 juta.

Tablet Nokia N1 diproduksi oleh Foxconn. Nokia hanya “menyewakan” namanya untuk dipakai dalam tablet tersebut.

Meski hanya nebeng nama, ternyata perusahaan yang berbasis di Finlandia itu tak sepenuhnya melepas Foxconn dalam proses produksi Nokia N1.

Nokia kabarnya akan menerapkan standar kontrol kualitas yang sangat tinggi untuk semua perangkat buatan pabrik lain yang menggunakan nama Nokia. Dan N1 ini dijadikan kelinci percobaan untuk kebijakan baru itu.

Selain itu, seperti dilansir oleh GSM Arena, Kamis (20/11/2014), Nokia juga berkontribusi terhadap desain N1. Sehingga Foxconn tak cuma membayar royalti untuk nama, tapi juga untuk desain.

Dengan begitu, Nokia memang bukan kembali ke bisnis perangkat mobile seperti ponsel dan tablet. Mereka hanya akan menentukan nama produk, yang kemudian akan diproduksi dan dipasarkan oleh pabrikan lain. Contohnya Foxconn untuk tablet N1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya