SOLOPOS.COM - Contoh meme If You Know What I Mean. (Istimewa/1cak.com)

Tahukah Anda? sejumlah kata di jejaring sosial kadang perlu disingkat akan lebih efisien dan menghindari sensor.

Solopos.com, SOLO – Setiap komunitas barangkali punya bahasa Internal yang hanya dipahami anggota komunitas itu. Hal ini juga berlaku bagi komunitas di dunia maya (netizen). Kadang muncul kata-kata khusus yang hanya bisa dipahami netizen. Seperti deretan kata yang diulas di Solopos.com kali ini.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Dihimpun Solopos.com dari Urban Dictionary, Kamus Slang dan berbagai sumber lain, Selasa (8/3/2016), berikut ini adalah daftar kata yang sering digunakan untuk berkomunikasi di dunia maya;

Dafuq

Dafuq biasanya dipakai untuk mengungkapkan ekspresi terkejut. Dafuq sendiri berasal dari kata umpatan bahasa Inggris “what the f**k”. Kata ini bermetamorfosis menjadi the f**k dan kembali berubah seiring dengan penggunaannya dalam bahasa meme.242696

Menurut kontributor laman Kamusslang, Satrio, kata Dafuq diadopsi dengan sedikit perubahan karena kata sebelumnya dianggap kasar dan lebih sering terkena sensor.

IYKWIM

IYKWIM adalah singkatan dari kalimat if you know what I mean. Kata ini digunakan untuk memperjelas sesutu yang sebetulnya sudah jelas. Dalam bahasa komunitas pembuat meme dan plesetan gambar, kata ini sering dipakai untuk menggambarkan keadaan yang sudah diketahui namun tabu untuk diungkap.images

LMFAO/LMAO

Kata LMFAO atau LMAO merupakan singkatan dari Laugh My A* of dan Laugh My F**kin A*s Of. Secara harfiah, kaat ini dapat diartikan sebagai ekspresi tertawa lepas. Dalam bahasa Internet juga mengenal istilah LOL (Laugh Out Loud) yang berarti “tertawa terbahak-bahak”.

Namun, kata LMFAO lebih menggambarkan ekspresi tertawa lepas. Dikutip dari Kamus Slang, LMFAO atau LMAO juga menggambarkan ekspresi seorang yang sedang menertawakan kekonyolan orang lain.

CoD

CoD adalah singkatan dari kalimat Cash on Delivery. Istilah ini sering digunakan oleh kalangan penjual dan pembeli toko online.

Dengan melakukan proses secara CoD berarti pembeli tidak perlu melakukan transaksi melalui transfer ataupun jasa pengiriman barang. Barang yang dibutuhkan pembeli akan diantar dan saat itu pula ia harus membayarnya. Cara ini juga dipakai untuk memastikan kondisi barang.

Kepo

Kepo sebenarnya akronim dari ”knowing every particular object”. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan orang yang selalu mengetahui segala sesuatu secara detail.

Kata ini sebenarnya bermakna positif sampai pada akhirnya ada muncul makna lain ketika menjadi bahasa pergaulan di Indonesia. Dalam beberapa kasus, seorang yang dijuluki Kepo, dianggap sebagai orang yang selalu ingin tahu.

Contoh kasus yang paling menggelikan adalah hubungan antara mantan pacar. Ada istilah “ngepoin mantan pacar” yang sering disamakan dengan istilah “stalking mantan pacar.Padahal secara harfiah kepo dan stalking jelas berbeda lantaran stalking dalam bahasa Indonesia artinya menguntit.

Typo

Typo adalah istilah untuk mendiskripsikan salah ketik. Hal ini biasanya terjadi pada pengguna gadget ber-keyboard “qwerty”. Letak tombol satu dan lainnya yang berdekatan membuat penggunanya sering mengalami salah ketik.

Pesan typo (Istimewa/1cak.com)

Pesan typo (Istimewa/1cak.com)

Typo berasal dari kata Type yang dalam bahasa Indonesia sama dengan “mengetik”.

Friendzone

Menurut Urban Dictionary, friendzone dapat berarti keadaan dimana sepasang pria dan wanita terjebak dalam pertemanan yang dalam, namun salah satu pihak merasakan hal yang lebih dari sekedar pertemanan.friendzone99-300x300



(Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya