SOLOPOS.COM - Sales promotion girl (SPG) berpose menunjukkan smartphone Lenovo K900 (kiri) dan tablet Samsung Galaxy Tab 3 10.1 inch, yang merupakan smartphone dan tablet pertama berteknologi Intel, di Harris Sentul, Bogor, Kamis (12/9/2013). (Istimewa)

Solopos.com, BOGOR—Tahun ini Intel Atom processor mulai konsen garap pasar smartphone dan tablet.

Beberapa produk yang sudah menggunakan teknologi prosesor dari Intel di antaranya Samsung Galaxy Tab 3 10.1 inch dan Lenovo K900. Marketing Director Intel Indonesia Corporation, Hermawan Sutanto, menyebutkan selain dua produk tersebut Acer Liquid C1 juga mulai memakai teknologi milik Intel., teknologi prosesor

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Dan dalam waktu dekat,  Asus phone pad juga akan segera masuk. Ke depannya, kami berharap akan banyak merek-merek lain yang memakai teknologi kami,” kata Hermawan, kepada wartawan, di sela-sela Intel Media Camp yang diselenggarakan di Harris Sentul, Bogor, belum lama ini.

Seperti halnya di pasar personal computer (PC), di pasar smartphone dan tablet Intel juga membuka peluang untuk bisa masuk ke merek-merek produk teknologi informatika, di semua segmen. “Seperti di pasar PC atau notebook, kami juga bisa masuk ke merek-merek lokal seperti Zyrex dan Axioo. Maka tidak menutup kemungkinan ke depan kami juga masuk dan mendukung semua brand yang garap ponsel pintar dan tablet.”

Meskipun mulai bergabung meramaikan pasar smartphone dan tablet, Hermawan menegaskan bahwa teknologi Intel untuk produk PC akan tetap dikembangkan. Karena, kata dia, tahun ini pasar PC masih tumbuh dua digit. “Salah satu teknologi terbaru kami adalah Intel Haswell yang merupakan generasi ke-4 Intel.” Teknologi ini, jelas dia, menjanjikan performa komputasi yang tinggi dengan pemakaian daya yang lebih hemat.

Pada kesempatan yang sama, Director MIDH Lenovo Indonesia, Agus Sugiharto, menjelaskan Lenovo K900 adalah smartphone pertama di dunia yang menggunakan prosesor terbaru Intel Atom Z2580, chip dual core yang dapat bekerja hingga 2.0 GHz dengan fitur Intel Hyper Threading technology  untuk meningkatkan efisiensi performa. “Teknologi yang dipakai membuat Lenovo K900 sangat responsif, khususnya untuk fungsi utama seperti web-browsing, multi-tasking dan berpindah-pindah aplikasi.”

Sementara di Samsung Galaxy Tab 3, Hermawan menambahkan tablet tersebut dilengkapi dengan Intel’s XMM 6262 modem solution atau Intels’s XMM 7160 4G LTE solution. Untuk memaksimalkan penggunaan Samsung Galaxy Tab 3 10.1 inch ini, Intel Indonesia bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia mengadakan promo akses internet gratis.

“Tahun ini akan menjadi waktu yang tepat bagi konsumenuntuk membeli tablet seri ini karena setiap pembelian perangkat baru berbasis prosesor Intel di distributor resmi Intel akan dilengkapi dengan kartu prabayar Speedy Instan yang menawarkan layanan internet gratis hingga enam bulan,” ujar Hermawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya