SOLOPOS.COM - Adaptor Kamera (Engadget)

Teknologi terbaru adaptor bikinan Techart bisa digunakan untuk lenca manual di kamera Leica M.

Solopos.com, SOLO — Pabrikan kamera Tiongkok, Techart, meluncurkan teknologi terbaru adaptor yang memungkinkan fungsi autofokus saat menggunakan kamera Sony A7II dan A7R II dengan lensa manual fokus Leica M.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Selama ini, seperti dilansir Detik, Selasa (16/2/2016), pengguna sistem kamera Leica M harus menggunakan manual fokus karena memang lensanya dirancang hanya untuk manual fokus.

Tapi dengan adanya teknologi terbaru kamera full frame Sony A7 II dan A7R II yang menanamkan sensor phase detection, memungkinkan pemilik lensa Leica M bisa menikmati fungsi autofokus layaknya lensa digital modern lainnya.

Kecepatan autofokusnya cukup baik, rata-rata 0,3-1 detik tergantung kondisi cahaya dan kontras objek. Hebatnya, fungsi autofokus ini bisa juga untuk mengikuti subjek bergerak (AF-C).

Teknologi terbaru adaptor Techart cukup ringan, cuma 133 gram dan menggunakan motor untuk menggerakan bagian belakang lensa untuk mendapatkan fokus yang akurat. Motor ini cukup kuat untuk memutar lensa dengan berat maksimum 700 gram.

Teknologi terbaru adaptor kamera tersebut juga bisa bekerja dengan sistem lensa lain yang memiliki jarak flange back yang lebih jauh seperti Leica R, CY dan lain-lain dengan adaptor lain yang ditumpuk.

Sayangnya, saat ini fungsi autofokus hanya bisa aktif saat menggunakan kamera Sony A7 II dan A7R II yang memiliki teknologi autofokus phase detection khusus di sensor. Saat merekam video, fungsi autofokus tidak bisa digunakan.

Teknologi terbaru adaptor kamera Techart juga bisa mendaftarkan sampai dengan 10 lensa Leica yang berbeda. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan infomasi focal length  lensa kepada kamera supaya 5 axis stabilization bisa bekerja lebih efektif. Harga adaptor US$349 atau Rp4,6 juta per uni dan akan tersedia awal Maret 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya