SOLOPOS.COM - Qualcomm Snapdragon 820 (Phonearena)

Teknologi terbaru Snapdragon raih posisi pertama di Antutu 6.0.

Solopos.com, JAKARTA — Prosesor dinilai penting sebagai bahan pertimbangan dalam memilih ponsel baru mengingat chipset merupakan bagian penting dari performa keseluruhan ponsel. Meski tidak berarti spesifikasi yang lain tidak berpengaruh.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, Senin (7/3/2016), baru-baru ini, Antutu 6.0 merilis daftar sepuluh performa teknologi terbaru chipset ponsel pintar terbaik, dan Snapdragon 820 menduduki peringkat pertama dalam daftar tersebut.

Qualcomm menyebutkan teknologi terbaru prosesor Snapdragon 820 bertengger di posisi teratas dengan skor rata-rata sebesar 136.383, 4.000 poin lebih tinggi dari pemenang tahun lalu, chipset Apple A9.

Sementara, teknologi terbaru prosesor Qualcomm lainnya yang juga baru dirilis yaitu Snapdragon 652 dan 650, telah berhasil meduduki posisi ketujuh dan kesembilan.

Selain dari segi performa, Antutu juga merilis Top 10 Smartphone Chip GPU Performance mengingat GPU juga merupakan bagian penting dalam pemrosesan grafis dan berpengaruh langsung untuk pengalaman pengguna.

Teknologi terbaru Qualcomm Snapdragon 820 dengan Adreno 530 berhasil merajai persaingan dengan hasil skor sebesar 55.000, jauh meninggalkan pesaingnya Apple A9 dengan PowerVR GT7600 dan Exynos 8890 dengan Mali-T880 MP12.

Sebagai informasi, Antutu 6.0 merupakan aplikasi benchmark komprehensif yang dapat mengukur performa Processor, RAM, Grafis, I/O (input/output) sampai performa keseluruhan smartphone.

Spesifikasi prosesor tercanggih tersebut di antaranya menggunakan Chip quad core 64 bit. Teknologi terbaru Snapdragon 820 menggunakan core Kyro yang yang kecepatannya mencapai 2,2 GHz.

Menurut Qualcoom, kecepatan Kyro jauh lebih tinggi daripada Snapdragon 810. Sementara GPU Adreno 530, lebih cepat 40% daripada Adreno 430 yang ada di Snapdragon 810.

Teknologi terbaru prosesor Snapdragon 820 memiliki sensor kamera dengan resolusi 28 megapiksel (MP). Sensor 23 MP bisa digunakan untuk merekam dan memutar video 4K. Artinya prosesor itu mendukung  pembuatan film-film layar lebar.

Di dalam teknologi terbaru Snapdragon 820 akan dibekali fitur Quick Charge 3.0. fitur pengisian cepat itu bisa membuat baterai ponsel terisi tiga hingga empat kali lipat lebih cepat.

Qualcomm juga berhasil mengintegrasikan modem LTE X12 ke dalam prosesor terbarunya Qualcomm Snapdragon 820. Teknologi akses Internet 4G long term evolution (LTE) dan Wifi untuk perangkat mobile premium kini bisa digunakan di Snapdragon 820 dengan bantuan modem LTEX123.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya