SOLOPOS.COM - Telkomsel (Telkomsel)

Solopos.com, JAKARTA-Di saat operator lain sudah mulai beralih ke eSIM, Telkomsel justru belum melakukannya.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terganjal regulasi dalam implementasi eSIM. Perusahaan masih menunggu regulasi mengenai eSIM hadir, sebelum akhirnya memperkenal SIM tertanam di perangkat itu ke publik.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan perusahaan saat ini masih menunggu regulasi mengenai eSIM, yang mengatur penggunaan eSIM di dalam negeri. Sambil menunggu regulasi tersebut hadir, Telkomsel membangun platform eSIM dengan harapan eSIM hadir bertepatan dengan regulasinya.

“[eSIM Telkomsel] Ini juga tergantung kapan regulasi eSIM disahkan oleh Kominfo,” kata Saki, Senin (21/8/2023).

Sementara itu, dalam perkembangannya eSIM diramal tumbuh signifikan ke depan. Kaleido Intelligence memperkirakan jumlah embedded SIM atau sim tertanam di ponsel akan menyentuh 1,4 miliar pengiriman pada 2028. Sejalan dengan itu, masa depan SIM fisik akan terkikis.

Kaleido Intelligence juga memperkirakan Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) eSIM meningkat 21 persen hingga 2028, dengan pertumbuhan rata-rata eSIM di smartphone mencapai 77 persen antara tahun 2023 dan 2028.

Kaleido mengungkapkan disrupsi pasar akan datang dalam bentuk “travel eSIM” serta peningkatan kemampuan untuk mentransfer eSIM dari satu perangkat ke perangkat lainnya, yang memaksa pasar untuk mengambil bentuk baru. Namun, transformasi paling besar diperkirakan akan terjadi di bidang Internet of Things atau IoT.

Spesifikasi IoT untuk eSIM akan mengalami komersialisasi sebagai solusi yang telah memenuhi persyaratan’ pada 2024, dan akan menurunkan beban teknis dan investasi dalam menyiapkan sistem IoT. “Meskipun banyak operator seluler mungkin tidak memiliki strategi konkret untuk konektivitas IoT di ritel, dukungan untuk eSIM melalui spesifikasi baru akan menawarkan peluang yang cukup besar di tingkat grosir,” Kepala Strategi & Wawasan Kaleido Nitin Bhas, dikutip Selasa (22/8/2023).

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jumlah eSIM Diramal Tembus Miliaran, Telkomsel Terganjal Regulasi”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya