SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka YouTube. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-YouTube, platform berbagi video digital asal AS, mengenalkan tiga fitur anyar yang diumumkan dalam ajang Made on YouTube yang diharapkan mampu mendorong kreatornya untuk lebih aktif berkreasi dan menjangkau dunia. Bagi kamu YouTuber yang ingin memaksimalkan konten, simak ulasannya di info teknologi kali ini.

“Kami meluncurkan serangkaian produk dan fitur yang akan mendukung orang-orang untuk lebih memperlihatkan ekspresi kreatif tanpa batas, dengan mempermudah hal-hal yang sulit dan mewujudkan mimpi yang mustahil,” kata YouTube dikutip dari Antara pada Jumat (29/9/2023).

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Ada pun tiga fitur baru YouTube itu ialah Dream Screen, YouTube Create, dan AI Insight yang semuanya dapat diakses kreator untuk memperkaya perjalanannya menjadi seorang pembuat video.  Untuk Dream Screen merupakan fitur yang dikhususkan untuk konten Shorts dan mulai diujicobakan mulai tahun ini.

Dengan fitur Dream Screen, kreator dapat menambahkan latar belakang gambar atau video buatan AI ke video Shorts hanya dengan mengetikkan ide ke dalam prompt.

“Pernah terbayang merekam video di luar angkasa? Menyusuri jalur hutan yang indah? Mendambakan anjing pug mengantar ke sekolah? Dengan Dream Screen, kreator dapat membuat latar baru dan fantastis untuk video Shorts yang bebas digunakan sesuai imajinasi mereka,” ujar YouTube.

Dream Screen mulai diujicobakan ke beberapa kreator tertentu sebelum diluncurkan lebih luas tahun depan.

Fitur baru berikutnya di YouTube yaitu YouTube Create.  Fitur ini merupakan aplikasi untuk seluler dan dapat digunakan oleh penggunanya untuk mengedit video hanya lewat ponsel pintarnya.

Alat tersebut meliputi pengeditan dan pemangkasan yang presisi, pembuatan teks otomatis, kemampuan sulih suara, serta akses ke koleksi filter, efek, transisi, dan musik bebas royalti dengan teknologi pencocokan irama.

Dengan begitu, kreator dapat memproduksi video YouTube mereka berikutnya tanpa harus mengandalkan software pengeditan yang kompleks. Semuanya dapat dilakukan langsung dari ponsel.

“YouTube Create, yang saat ini masih dalam versi beta pada Android di negara tertentu, tersedia tanpa biaya dan didesain untuk mempermudah dan menyederhanakan proses produksi video untuk Shorts atau video panjang,” kata YouTube.

Terakhir ada fitur bernama AI Insight, fitur ini memungkinkan penggunanya menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mendapatkan lebih banyak ide dan inspirasi dalam berkonten.

AI Insight akan hadir tahun depan di YouTube Studio para kreator dan dengan AI generatif diharapkan kreator dapat mendapatkan lebih banyak ide dan lebih mudah merancang kerangka konten lewat kegiatan bertukar pikiran dengan AI.

Pengalaman yang disiapkan nantinya akan dipersonalisasi sesuai dengan genre dan jenis konten yang dibuat oleh sang kreator.

Uji coba telah dilakukan untuk fitur baru YouTube ini, 70 persen responden menyambut baik fitur AI Insight dalam penciptaan konten mereka.

Dalam hal pemanfaatan AI, nantinya pengguna juga bisa memanfaatkan fitur bernama Assistive Search in Creator Music yang juga dirilis 2024.  Dengan mudah lewat bantuan AI, kreator dapat mendapatkan musik latar yang sesuai dan melengkapi kontennya.

Untuk memanfaatkannya, kreator hanya perlu mengetikkan deskripsi kontennya dan AI akan menyarankan musik sekaligus harga yang tepat.  Ada juga fitur Automatic dubbing with Aloud yang memungkinkan kreator untuk memperluas jangkauan kontennya ke penonton di belahan dunia lainnya dan bahasa berbeda.

Maka dari itu, YouTube menghadirkan Aloud sebagai alat sulih suara yang didukung AI sehingga membantu pembuat konten memperluas jangkauan konten mereka kepada dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya