SOLOPOS.COM - Tim Megolodon Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sukoharjo unjuk kebolehan dalam Kontes Robot Indonesia 2023 di Semarang baru-baru ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Tim Megolodon Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sukoharjo meraih Juara II Kontes Robot Indonesia 2023 tingkat nasional.

Untuk diketahui, UMS mengirimkan 3 tim robot mewakili wilayah Jawa Tengah pada KRI tingkat Nasional yang diselenggarakan Ristekdikti Kemendikbud Ristek). 3 tim robot tersebut adalah Tim Abu Hero, Tim Megalodon, dan Tim RR El Ganador.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

KRI adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek. KRI 2023 merupakaan penyelenggaraan ke-21 sejak kami pertama kali diselenggarakan pada 2003.

Wakil Rektor III UMS, Ihwan Susila, M.Si., P.hD., mengungkapkan pencapaian prestasi tim robot UMS yang bertanding di Semarang sangat membanggakan.

“Kami mengirimkan 3 tim dari UMS, dan alhamdulillah dua tim yang masuk ke perempat final yaitu yakni tim robot SAR dan tim robot Tematik. Kita tentu berharap semoga bisa meraih juara,” ungkapnya, Minggu, (25/6/2023) seperti disampaikan dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (26/6/2023).

Tim Abu Hero UMS mewakili divisi pertandingan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2023. Tim Megalodon UMS mewakili divisi KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia), ini merupakan pengganti Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) yang lebih menekankan pada misi pencarian dan penyelamatan bencana yang umum terjadi khususnya di Indonesia, dan Tim RR EL Ganador UMS mewakili divisi kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI)

Peserta dari perlombaan ini, berasal dari tiap wilayah se-Indonesia.

“Alhamdulillah, barakallah tim Megolodon UMS membawa nama harum UMS dan meraih peringkat II dalam ajang bergensi Kontes Robot Indonesia 2023. Kami cukup bangga karena kami merupakan perwakilan dari wilayah untuk mengikuti ajang perlombaan robot tingkat nasional,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya