SOLOPOS.COM - Tim KKCTBN UMS (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Tim mahasiswa FakultasTeknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Sukoharjo, Jawa Tengah siap bersaing pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023.

Tim mahasiswa ini telah lolos seleksi tahap 2 kategori Leisure Boat Electric Remote Control KKCTBN 2023.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Tim Teknik UMS akan maju sebagai peserta KKCTBN 2023 pada 24-28 Oktober 2023 mendatang di Universitas Indonesia (UI).

Tim merupakan gabungan dari anggota Prodi Teknik yakni Prodi Teknik Mesin, Elektro dan Industri UMS dan diketuai Muhammad Muflih Firdaus.

Adapun anggotanya, Moch Rama Indra Yudistira, Mohammad Tafta Zani Roy S, Setya Adi Darma dan Adin Nur Rohman.

KKCTBN 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Kemendikbudristek merupakan agenda lomba inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe di bidang teknologi  perkapalan maritim yang dilaksanakan setiap tahun dan ditujukan bagi mahasiswa sebagai pesertanya.

Salah satu anggota, Moch Rama Indra Yudistira menyampaikan awal mula timnya membuat kapal dengan mendesain terlebih dahulu, yang kemudian dibuat cetakan kapal dengan waktu persiapan kurang lebih satu bulan.

Walau sempat terkendala, tetapi hal itu tidak menjadi penghalang untuk melaju ke babak selanjutnya.

“Proses pembuatannya terlalu mepet karena terhalang anggota tim yang pulang kampung, yang bertepatan pada libur semester,”  ujarnya dalam siaran reshu Humas UMS yang diterima Solopos.com, Sabtu (7/10/2023).

Dia berharap semoga timnya lolos di babak lanjutan, dan menambah kategori yang lain serta mendapatkan juara.

Kepala Biro Kemahasiswaan UMS, Ahmad Kholid Alghofari mengungkapkan bahwa dengan adanya kontes KKCTBN 2023, UMS ingin mengambil peran di lomba tersebut di bidang teknologi dengan menunjukan bahwa UMS merupakan kampus yang unggul dan mampu bersaing di bidang teknologi.

“Kita mensupport dan memfasilitasi tim dengan memberangkatkan ke Malang, untuk belajar bagaimana membuat proposal serta pendamping, untuk mengarahkan agar proposal lebih terarah,” tambahnya.

Selain itu, Tim Humas UMS juga membantu proses dalam pembuatan video pada tahap 1 perlombaan ini. “Kita berupaya agar bisa ikut serta ke cabang-cabang lomba lainya, sehingga memperkuat posisi UMS terutama di Bidang Kemahasiswaan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya