SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA-– Para pengguna iPhone dan iPad tampaknya masih ragu untuk mengunduh sistem operasi terbaru keluaran Apple, iOS 7. Salah satunya karena sistem operasi ini dikabarkan bisa lebih cepat menguras habis daya baterai perangkat Anda.

iOS 7 bisa digunakan mulai dari iPhone 4 hingga yang terbaru, meski ada beberapa fitur yang tidak cocok untuk perangkat lama. Sehingga jika Anda memperbarui perangkat dengan sistem operasi ini, ada kemungkinan Anda menemukan pengurangan daya baterai yang cukup signifikan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah iOS 7 menguras habis baterai Anda.

Nonaktifkan “background refresh”

iOS 7 memungkinkan aplikasi tertentu untuk menyegarkan (refresh) sendiri, bahkan ketika Anda sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Ini bisa jadi sangat nyaman sekaligus masalah besar bagi mereka yang ingin hasil maksimal dari baterai ponsel mereka.

Maka cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menonaktifkan fitur Background App Refresh. Fitur ini bisa Anda temukan di bagian Settings, klik bagian General, dan Anda akan menemukan fitur Background App Refresh di dalamnya.

Atur layanan lokasi

Tampaknya hampir semua aplikasi ingin melacak lokasi Anda saat ini. Untuk beberapa aplikasi, seperti Maps, ini memang masuk akal. Tapi aplikasi seperti Twitter dan Facebook mungkin tidak terlalu penting, apalagi jika Anda jarang menggunakan fitur lokasi untuk aplikasi tersebut.

Karena itulah, masuk kembali ke Settings, klik bagian Privacy, kemudian nonaktifkan Location Services yang menurut Anda tidak terlalu penting.

Matikan AirDrop saat tidak dipakai

Apple memperkenalkan fitur AirDrop di iOS7 untuk pertama kalinya. Bahkan jika Anda sering menggunakan fitur ala Dropbox ini, Anda tetap harus mematikan fitur AirDrop saat tidak dipakai atau tidak dibutuhkan. Caranya sangat mudah berkat fitur Control Center di iOS 7, karena Anda hanya perlu menyapukan jari ke atas pada layar awal. Dari situ, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan AirDrop.

Jangan lupa juga untuk matikan Bluetooth dan WiFi saat tidak digunakan untuk membantu penghematan daya baterai Anda.

Kurangi gerakan

Sebisa mungkin tidak menggunakan wallpaper 3D parallax yang memang terlihat keren, tapi bisa berdampak buruk pada baterai. Anda juga bisa mengurangi gerakan dengan mematikan fitur Reduce Motion, yang bisa ditemukan di Settings > General > Accessibility.

Hal serupa juga berlaku sama untuk wallpaper dinamis yang bergerak-gerak, karena walaupun terlihat menarik, tidak memiliki fungsi signifikan dan hanya menghabiskan baterai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya