SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

Tips smartphone kali ini mengulas tujuh cara agar ponsel tidak mudah rusak.

Solopos.com, SOLO — Penggunaan yang sembarangan dapat membuat smartphone Anda cepat rusak. Daripada Anda membuang-buang uang untuk mereparasi, lebih baik Anda pelajari kiat-kiat praktis untuk membuat umur ponsel Anda bertahan lama.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir Lifehacks.org Selasa, (8/3/2016) terdapat tujuh cara agar ponsel tidak cepat rusak. Berikut ini tujuh cara agar smartphone Anda tidak mudah:

1. Tutup dan Hapus Aplikasi Tidak Penting

Terdapat beberapa kasus yang membuat smartphone Anda berproses lebih lambat dari sebelumnya. Umumnya, hal tersebut dikarenakan kapasitas memori penyimpanan atau RAM terbebani.

Untuk menghindari hal tersebut, hindari pemakaian applikasi yang tidak perlu. Selain itu, kurangi jumlah dokumen, foto dan SMS yang tidak diperlukan.

2. Gunakan Pelindung Layar

Rusaknya layar pada ponsel Anda akan membuat Anda lebih sulit saat memakai gadget. Bahkan apabila dibiarkan, bisa berujung pada kerusakan lainnya.

Sebelum mengeluarkan biaya untuk reparasi, sebaiknya sisihkan sedikit uang Anda untuk membeli pelindung layar yang banyak dijual di pasaran.

3. Gunakan Casing HP

Setelah melindungi layar, ada baiknya Anda juga melindungi bodi ponsel Anda. Dengan melindungi bodi ponsel Anda, maka Anda akan mengurangi risiko kerusakan akibat smartphone yang terjatuh.

4. Hindari Update Software Terlalu Sering

Biasanya pabrik pembuatan ponsel hanya memberikan batas paling banyak dua kali untuk melakukan update software pada ponsel.

Walaupun dalam beberapa kasus terdapat ponsel keluaran lama yang mampu melakukan pembaharuan. Tetapi sering kali hal tersebut menjadi masalah pada performa ponsel.

5. Matikan Secara Berkala

Anda tidak mungkin menyalakan laptop Anda selama beberapa pekan tanpa Anda matikan, begitu pula dengan ponsel. Ingatlah smartphone Anda memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan laptop Anda. Dengan mematikan ponsel Anda paling tidak sepekan sekali, akan membuat umur ponsel Anda bertahan lama.

6. Isi Ulang Baterai Ponsel Anda dengan Cara Tepat

Dalam mengisi ulang baterai smartphone Anda, sebaiknya tidak menunggu hingga 25%. Sebab, 75% adalah batas rata-rata untuk Anda mulai melakukan isi ulang pada baterai ponsel Anda.

7. Manfaatkan Penyimpanan Data Online

Penyimpanan data online seperti di dropbox dan googledrive dapat dimanfaatkan agar memori di ponsel anda tidak terlalu terbebani. Anda akan memiliki smartphone dengan risiko rendah kehilangan data-data berharga. Selain itu, performa ponsel Anda juga akan lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya