SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan smartphone (Phantom Glass)

Tips smartphone kali ini tentang membersihkan memori internal di platform Android dan Iphone.

Solopos.com, SOLO — Memori internal smartphone merupakan bagian yang tak kalah penting dari bagian lainnya. Hal itu lantaran memori internal berfungsi untuk menyimpan beragam dokumen seperti foto, video bahkan file download.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Saking pentingnya memori internal, maka slot microSD menjadi perlu digunakan. Akan tetapi, banyak smartphone saat ini yang tidak menyediakan slot microSD, meski menyematkannya dengan memori internal berkapasitas 16 GB.

Jelas, hal ini menjadi permasalahan bagi Anda yang memiliki kapasitas memori internal kecil tanpa adanya slot microSD atau bagi Anda, yang merasa kurang terhadap ruang penyimpanan internal yang disediakan para produsen.

Berikut ini cara membersihkan ruang penyimpanan di smartphone berbasis Android atau Iphone, sebagaimana dikutip Okezone dari Mashable, Senin (28/12/2015).

Hapus Foto Lama, Video, Screenshot dan Duplicate

Foto sudah menjadi seperti harta karun bagi sebagian orang. Namun, dengan membuang foto yang lama akan memberikan ruang bagi foto baru. Mulailah menyisir file duplikat dan menghapus gambar yang blur, screenshot yang tak terpakai dan pilih gambar yang baik.

Ketika selesai memilah-milah foto, lanjutlah untuk menghapus video lama dan film. Apabila ponsel mendukung, maka potonglah klip yang terlalu panjang dan perpendek video itu sebisa mungkin.

Pindahkan Foto dan Video ke Cloud atau Komputer

Sebelum menghapus foto atau video, pengguna bisa saja membuat cadangan foto ke Cloud melalui layanan seperti Flickr, Dropbox dan Microsoft One Drive atau mungkin menggunakan Google Photos, yang memungkinkan Anda menyimpan foto lebih banyak.

Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Aplikasi bisa memakan sebagian ruang penyimpanan Anda. Bersihkan setiap aplikasi yang tidak digunakan saat ini, terutama permainan lama yang sudah jarang Anda mainkan.

Beralih ke Layanan Streaming Musik

Musik adalah salah satu pemakan ruang penyimpanan internal. Selama beberapa tahun terakhir, streaming musik dan berlangganan musik bisa mengganti musik yang harus di-download dan disimpan di penyimpanan internal.

Jangan Merekam dengan 4K

Hampir setiap ponsel premium Android, Iphone 6S dan Iphone 6S Plus datang dengan kemampuan merekam video 4K. Pada dasarnya file tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dibanding HD dan video full HD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya