SOLOPOS.COM - Ilustrasi seorang pria yang kesal karena baterai smartphone lemah (golfgpsapp.com)

Tips smartphone kali ini tentang cara agar baterai lebih awet.

Solopos.com, SOLO — Tanpa disadari kebiasaan pengguna dalam mengisi daya ponsel, ternyata dapat merusak smartphone bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Untuk itulah, pengguna sebaiknya memperhatikan langkah-langkah yang benar dalam melakukannya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dikutip dari PC Advisor, Kamis (12/5/2016) kebanyakan baterai smartphone tidak didesain untuk hidup kekal. Kebanyakan produsen smartphone mengatakan perangkat baterai mereka hanya bertahan dalam 300-500 siklus pengisian. Jadi, agar baterai awet lakukan empat langkah pintar berikut ini:

-Jangan Isi Baterai dari Nol hingga 100%

Salah satu aturan penting dalam mengisi baterai Li-Ion adalah untuk menjaganya agar tidak di bawah 50%. Bila Anda terbiasa membiarkan ponsel berada dalam posisi seperti itu, baterai akan cepat rusak.

Sebaliknya, Anda juga tidak diperbolehkan mengisi daya hingga 100% full. Sebaiknya, baterai cukup diisi hingga 80%. Jadi rentang terbaik dalam men-charging ponsel adalah 40%-80%.

-Jangan Taruh Ponsel di Tempat Bersuhu Panas

Para pengguna sebaiknya jangan menaruh smartphone di tempat bersuhu panas, seperti mobil, pantai, atau dapur. Bila smartphone terbiasa diletakkan tempat panas, baterai akan berumur pendek.

-Hindari Isi Baterai Semalaman

Walaupun kebanyakan smartphone modern cukup pintar untuk menghentikan pengisian ketika penuh, namun sebaiknya ponsel tidak ditinggal semalaman. Baterai Li-Ion yang panas dapat memicu kerusakan.

-Pakai Selalu Charger Original!

Charger tidak resmi atau yang biasanya disebut palsu, sangat berbahaya baik bagi perangkat apa saja. Amta.org.au telah mewanti-wanti charger abal-abal dapat menyebabkan korsleting bahkan kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya