SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Tips smartphone kali ini tentang cara membikin video yang terbaik di Android.

Solopos.com, SOLOSmartphone saat ini menjadi salah perangkat yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat. Tak hanya digunakan untuk menelepon dan berkirim pesan, smartphone juga digunakan mengabadikan momen melalui video.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tentu saja, untuk menghasilkan video dengan kemampuan bagus diperlukan smartphone dengan kemampuan 4K, yang sudah pasti harganya selangit. Namun, ponsel Android yang memiliki harga cukup murah juga bisa menghasilkan video yang cukup bagus.

Saat ini hampir semua produsen smartphone Android bisa merekam video, di samping kemampuan kameranya. Setidaknya, produsen smartphone Android menyematkan kemampuan video beresolusi 720 piksel atau HD.

Terlepas dari smartphone yang digunakan, berikut ini beberapa tips umum yang bisa diterapkan agar bisa menghasilkan video terbaik di smartphone Android Anda, sebagaimana dilansir Phonearena, Selasa (19/1/2016).

Genggam Ponsel Secara Horizontal

Hindari menggenggam smartphone secara vertikal saat ingin menembak video. Mengapa? Hal itu karena video dimaksudkan untuk ditonton secara horizontal, dalam mode lanskap. Ketika Anda ingin melihat video vertikal di TV atau PC, maka akan terlihat dua bar hitam di samping video.

Gunakan Tripod atau Berimprovisasi

Dengan menggunakan bantuan tripod, maka Anda akan terbebas dari goyangan dan ini menjadi salah satu kunci membuat gambar tak bergerak. Bahkan apabila perangkat Anda memiliki built-in image stabilization, hal itu masih cukup sulit untuk menciptakan video sempurna dengan satu tangan.

Perhatikan Kondisi Cahaya

Apabila berada dalam kondisi seperti ini, maka flash smartphone bisa digunakan, meskipun hasilnya nanti kurang begitu alami. Jika Anda di dalam ruangan, itu cara terbaik untuk mencoba dan memberikan cahaya yang cukup untuk scene sebelum memulai merekam. Misalnya saja dengan membuka jendela dan gunakan dua atau satu lampu.

Check untuk Free Space

Sebelum memulai merekam video, pastikan perangkat Anda memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan hasil video. Jika tidak, Anda akan mengalami force close ketika merekam video.

Gunakan Aplikasi Edit Video

Setelah selesai merekam video, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan editing. Dengan melakukan editing, Anda bisa menambahkan musik atau teks bahkan meng-apply filter, dan bahkan memotong adegan. Aplikasi editing banyak tersedia di aplikasi Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya