SOLOPOS.COM - Android Marsmallow (www.technobuffalo.com)

Tips smartphone kali ini tentang cara menghemat baterai smartphone berbasis Android.

Solopos.com, SOLO — Daya tahan baterai merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui pengguna perangkat Android. Apalagi beberapa pabrikan hadir dengan teknologi yang semakin mumpumi sehingga membutuhkan daya yang juga besar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Untuk itu, beberapa pabrikan saat ini sudah membekali smartphone Android besutannya dengan fitur-fitur untuk menghemat daya baterai. Tidak hanya itu, di Google Play Store juga sudah jamak ditemui aplikasi-aplikasi yang menjanjikan performa baterai lebih baik.

Namun, itu semua tidak menjamin performa baterai akan lebih tahan lama. Diperlukan juga beberapa cara penggunaan yang tepat untuk memastikan daya tahan baterai lebih baik.

Untuk itu, berikut ini enam cara sederhana untuk menghemat penggunaan baterai smartphone Android, seperti dikutip Liputan6.com dari Android Pit, Senin (16/11/2015).

Matikan Beberapa Fitur yang Jarang Digunakan

Beberapa pabrikan smartphone Android saat ini tidak jarang menyematkan fitur-fitur tertentu yang membuat perangkat menjadi lebih pintar.

Namun, nyatanya tidak banyak yang menggunakan fitur-fitur tersebut. Jadi, ada baiknya untuk mematikan beberapa fitur tersebut, terutama untuk fitur-fitur yang jarang digunakan.

Matikan Koneksi Wifi dan Data

Memang diakui pengguna Android sangat sering menggunakan smartphone-nya untuk terhubung dengan Internet. Mulai dari sekadar bergelut di media sosial, membaca berita atau bermain game.

Namun, perlu diketahui diperlukan juga waktu untuk istirahat sejenak ketika terhubung Internet. Terutama apabila dirasa dalam kondisi yang tidak memungkinkan, seperti di tempat yang tidak memiliki sinyal Internet atau masuk dalam jangkauan Wifi. Mematikan koneksi data atau Wifi dalam kondisi tersebut tentu saja dapat menghemat penggunaan baterai.

Atur Jadwal Untuk Istirahat

Beberapa smartphone yang ada saat ini sudah memiliki fitur yang disebut Do Not Disturb atau Sleep. Lewat fitur itu, nantinya smartphone Android dapat dijadwalkan untuk mematikan koneksi data atau Wifi ketika sudah tidak digunakan.

Bagi pengguna yang tidak memiliki fitur ini pada perangkatnya, dapat memulainya dengan mengaktifkan airplane mode ketika sedang beristirahat atau ketika smartphone sudah tidak digunakan. Lewat kebiasaan ini tidak hanya menghemat baterai, tapi pengguna juga bisa rehat sejenak dari rutinitas penggunaan smartphone.

Selalu Perbarui Aplikasi yang Ada di Smartphone

Pembaruan yang hadir untuk aplikasi-aplikasi di smartphone Android biasanya bukan tanpa alasan. Pembaruan tersebut biasanya berguna untuk memperbaiki performa smartphone, salah satunya dalam hal ini adalah optimisasi penggunaan memori dan baterai.

Dengan selalu memperbarui aplikasi yang ada di smartphone, secara tidak langsung dapat juga mengoptimalkan penggunaan baterai. Namun, untuk mencegah habisnya kuota data, pembaruan data dapat dilakukan secara manual atau menggunakan jaringan Wifi.

Jangan Terlalu Terobsesi dengan Smartphone

Mungkin ini kebiasaan yang sedikit aneh. Namun, nyatanya ini cukup berpengaruh untuk menghemat penggunaan baterai. Dengan menahan diri untuk menggunakan smartphone secara bijak dan tidak perlu merasa selalu memeriksa atau menggunakan smartphone, secara tidak langsung penggunaan ponsel pintar lebih tepat guna dan daya baterai juga dapat lebih hemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya