SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips smartphone kali ini tentang cara menghilangkan aplikasi default Iphone.

Solopos.com, SOLO — Aplikasi Compass, Stocks, Podcasts dan beberapa aplikasi bawaan khas Apple lainnya adalah sejumlah fitur bawaan yang tersemat secara default di Iphone.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun, tak semua pengguna merasa aplikasi-aplikasi itu benar-benar berguna. Maka tak heran apabila banyak dari mereka yang menginginkan aplikasi bawaan Iphone tersebut bisa dihapus.

Meski beberapa waktu lalu, CEO Apple Tim Cook, sempat mengutarakan tidak tertutup kemungkinan aplikasi bawaan Apple dapat dihapus di masa mendatang, nyatanya sampai saat ini Apple belum memungkinkan hal itu dapat dilakukan.

Ada dua cara yang akan diberikan di sini yakni cara untuk menghapus aplikasi secara permanen dan sementara. Untuk itu, berikut beberapa langkah cara menghapus aplikasi bawaan Iphone, seperti dikutip dari laman Telegraph, Rabu (20/1/2016).

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Iphone Permanen

-Langkah pertama adalah mendaftar IOS beta programme sehingga pengguna dapat mengunduh IOS 9.3 versi beta untuk publik. Namun, disarankan sebelum memulai langkah ini pengguna terlebih dahulu melakukan backup data.

-Setelah selesai mendaftar, masuk ke Setting, pilih General, lalu Software Update untuk mengunduh IOS 9.3 beta.

-Tahap ketiga, unduh Apple Configurator 2.2 beta terlebih dahulu. Namun, sebelum itu, pengguna diwajibkan mendaftar keanggotaan dengan biaya US$120 atau Rp156.000.

-Dari situ, pengguna dapat langsung menyetel pengaturan, dengan memilih opsi Do not allow some apps. Lalu, pengguna cukup menuliskan perintah untuk menghapus aplikasi yang ingin dihapus, contohnya com.apple.stocks untuk aplikasi Stocks. Setelah itu, aplikasi akan terhapus secara langsung dari Iphone.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Iphone Sementara

-Pertama, pindah aplikasi yang ingin dihapus ke sebuah folder. Namun, perlu diketahui tahap-tahap dalam cara ini hanya dapat digunakan pada IOS versi 9.

-Tekan dan tahan sehingga aplikasi bergoyang, layaknya akan dipindah atau dihapus.

-Seret aplikasi tersebut sampai pinggir folder sehingga berpindah halaman. Pada tahap ini, pertahankan kondisi tersebut di halaman itu.

-Sambil masih dalam posisi menahan aplikasi itu, tekan tombol Home. Seketika juga, aplikasi akan terbang menghilang ke batas layar.

Kendati demikian, perlu diingat cara ini hanya menghilangkan aplikasi untuk sementara. Setelah Iphone di-restart, aplikasi akan kembali muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya