SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Tips smartphone kali ini tentang cara menghindari mata lelah saat menatap layar seharian.

Solopos.com, SOLO — Bila Anda bekerja di depan komputer seharian, Anda pasti sering mengalami iritasi mata dan pegal. Intensitas yang terlalu tinggi akan mengakibatkan pada sakit kepala.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tak perlu waktu lama untuk merasakan gejala ini karena dua jam menatap layar akan membuat Anda mengalami hal tersebut. Apalagi Anda tak hanya sekadar menatap layar komputer, tetapi  juga, smartphone, dan televisi.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengurangi ketidaknyamanan dan risiko di atas akibat menatap layar seharian. Seperti dikutip dari Business Insider, Senin (6/6/2016), ada empat cara untuk menghindari mata lelah. Empat cara itu di antaranya sebagai berikut:

1. Perbesar Huruf Text

Menatap layar ponsel dengan huruf teks yang sangat kecil akan mendorong Anda untuk menyipitkan mata. Anda cenderung mendekatkan wajah ke layar agar teks yang Anda baca terlihat lebih jelas.

Hal itu justru akan membuat mata lelah dan pusing. Untuk itu, Anda disarankan untuk memperbesar huruf teks pada ponsel sehingga membaca akan lebih nyaman.

2. Kedipkan Mata

Terkadang saat kita sedang menatap layar, kita lupa untuk berkedip yang akan membuat mata kering. Hal itu memang acap kali dilupakan. Namun, Anda harus tetap ingat untuk berkedip. Alternatif lain, Anda dapat menggunakan cairan tetes untuk membuat mata Anda tidak kering.

3. Cerahkan Layar

Layar yang terlalu silau tidak baik untuk mata karena dapat menyebabkan sakit kepala. Biasakanlah Anda mengurangi tingkat kecerahan layar saat menggunakan komputer atau smartphone di malam hari.

4. Tips 20-20-20

Gunakan cara ini untuk menyegarkan mata Anda sejenak setelah 20 menit bekerja, gunakan 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki sekitar 6 meter dari tempat Anda duduk atau berdiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya