SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan smartphone (Phantom Glass)

Tips smartphone kali tentang cara menghindari penipuan saat akan membeli ponsel di toko online.

Solopos.com, JAKARTA — Setahun terakhir toko online kian menjamur sehingga banyak orang awam yang bingung harus membeli sebuah produk, terutama smartphone. Tak bisa dimungkiri membeli ponsel pintar di toko online harus teliti agar tak tertipu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (4/11/2015), Vice President Marketing Elevenia, Madeleine Ong De Guzman, mengatakan belanja online memang mudah dan menyenangkan, tapi saat akan membeli smartphone harus ada yang diperhatikan.

“Belanja online memang sangat menyenangkan. Klik sana, klik sini, lalu semuanya selesai. Hanya tinggal menunggu barang datang setelah dibayar. Namun banyak juga yang harus diperhatikan,” ujar Madeleine Ong De Guzman.

Lebih lanjut Madeleine mengatakan berbelanja smartphone di toko online, terlebih lagi marketplace, memang membutuhkan sedikit tips dan trik yang cerdik. Bukan hanya masalah harga, namun juga masalah kepercayaan.

Ia menuturkan saat ini gadget menjadi pilihan yang paling mudah dan juga paling banyak kasus penipuannya di dalam belanja online. Untuk itu, Madeleine memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini tips dalam membeli smartphone di toko online agar tidak tertipu.

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Memilih sesuai kebutuhan merupakan hal yang paling mendasar. Apabila Anda membutuhkan gadget dengan penyimpanan yang besar, ada baiknya pilih smartphone yang bisa menggunakan memory card. Hal itu pastinya akan mempermudah Anda.

Apabila  Anda lebih menyukai percakapan menggunakan Blackberry Messenger, pilihlah produk Blackberry terbaru atau produk Android, yang langsung menyediakan fitur Blackberry Messenger di dalamnya. “Tahu apa yang Anda butuhkan. Itu hal mutlak yang harus ada sebelum membeli gadget,” ujar Madeleine.

2. Lihat Testimoni

Berbelanja di marketplace artinya Anda akan menemukan banyak toko dan penjual dengan beragam produk di dalamnya. Salah satu ukuran paling penting dalam memilih toko untuk berbelanja adalah dengan melihat testimoni dari para pembeli sebelumnya di toko tersebut.

“Apabila sembilan dari sepuluh testimoni berisi hal yang positif mengenai toko tersebut, maka Anda bisa berbelanja gadget di toko tersebut. Apabila sebaliknya Anda pasti tahu apa yang harus dilakukan,” tambah Madeleine mengenai pemilihan toko.

3. Pilihan Vs Harga

“Selalu ada harga yang harus dibayar untuk sebuah pilihan, “ ujar Madeleine. Bukan hanya masalah harga rupiaha, namun juga mengenai layanan yang diberikan oleh marketplace tersebut. Lebih detail lagi Madeleine menambahkan berbicara harga gadget, bisa jadi antara toko yang satu, bahkan marketplace yang satu dan yang lainnya, tidak jauh berbeda.

Namun, yang harus diperhatikan lagi adalah mengenai layanan after sales. “Termasuk perhatikan masalah asuransi pada gadget dan garansi dari toko tersebut yang harus memiliki garansi resmi dari merek smartphone tersebut,” tambah Madeleine.

4. Bonus

Kecil tapi penting. Begitu kiranya bonus berperan dalam membeli gadget di marketplace. Bonus tersebut bisa jadi berupa potongan harga, cicilan 0%, atau berupa program promo dalam membeli gadget.

Berbelanja gadget secara online memang tidak bisa ada tawar-menawar seperti yang dilakukan secara tradisional. Namun, Anda bisa memanfaatkan fitur bonus yang ditawarkan oleh pihak marketplace. Tak hanya itu, Anda tidak perlu melangkah lebih jauh dari tempat Anda untuk berbelanja.

Jangan lupa, beberapa marketplace kini bahkan sudah menyediakan layanan aplikasi mobile yang memungkinkan Anda untuk berbelanja dari ponsel Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya