SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Tips smartphone kali ini mengulas cara mengembalikan data yang terhapus di memori internal.

Solopos.com, SOLO — Tak jarang seseorang telanjur menghapus data yang ada di smartphone dan ingin data tersebut kembali. Bisakah memulihkan data tersebut di internal memori perangkat?

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Memori internal tidak menghitung seperti drive atau memori eksternal. Biasanya, peralatan recovery Android hanya bisa mengembalikan data yang berada di SD card.

Namun tak perlu khawatir karena Android Data Recovery dapat memulihkan data di memori internal perangkat. Aplikasi tersebut mampu bekerja di OS Android 4.4 dan 5.0. Sementara itu, pengguna Iphone bisa menggunakan Iphone Data Recovery.

Untuk mengembalikan data yang hilang Anda bisa menggunakan Android atau Iphone Data Recovery yang merupakan program khusus untuk memulihkan kontak, pesan, history Whatsapp, gambar, musik dan video dari internal serta eksternal memori di smartphone.

Anda juga perlu menyiapkan kabel USB dan komputer  yang berjalan paling tidak di Windows 7 atau Mac. Jangan menggunakan ponsel Anda, karena data baru yang Anda tambahkan berarti akan menghapus selamanya tempat file yang terhapus.

Dengan kata lain, data Anda tak bisa kembali seluruhnya karena sudah di-overwritten. Pastikan smartphone masih memiliki daya paling tidak 20% sehingga ia tidak akan mati dalam proses pemulihan.

Berikut ini langkah-langkah mengembalikan data di memori internal smartphone yang dikutip dari Android Recovery, Rabu (27/1/2016).

-Hubungkan Android atau Iphone ke komputer dengan USB.
-Enable USB Debugging.
-Pilih jenis file yang akan dipindai dan mode yang akan digunakan. Ketika Anda menyelesaikan step ketiga, software akan meminta Anda untuk memindai. Pilih file yang ingin Anda pulihkan.
-Izinkan permintaan SupperUse dan mulai pemindaian. Klik allow di tabel SupperUse dan centang remember. Setelah itu izinkan SuperSU dan SupperSU CMW dengan kembali meng-klik tombol allow. Lalu klik start.
Preview dan pulihkan file dari memori internal. Hasil pemindaian akan ditunjukkan dalam warna merah dan hitam. Lihat file sebelum Anda memutuskan untuk memulihkannya. Centang hanya yang warna merah karena mereka adalah file yang sudah terhapus. Kemudian klik recover di bagian bawah layar. Ketika selesai, konten Anda yang hilang telah ada di PC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya