SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Tips smartphone kali ini mengulas cara meningkatkan performa Iphone agar lebih awet.

Solopos.com, SOLO — Setiap pengguna smartphone tentu ingin perangkatnya bekerja lebih cepat dan baterainya bertahan lebih lama. Namun, bukan hal yang baru ketika pengguna Iphone mengeluhkan performa baterai smartphone mereka.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Tak perlu khawatir karena ada beberapa trik yang bisa dimanfaatkan untuk mempercepat performa Iphone dan memperpanjang masa hidup baterainya. Berikut sepuluh tips meningkatkan performa Iphone, seperti dikutip dari BGR, Rabu (16/01/2016):

-Bersihkan RAM

Anda bisa mempercepat performa Iphone dengan membersihkan RAM. Pengguna hanya membutuhkan beberapa detik untuk membersihkannya dengan menekan tombol power hingga muncul tulisan slide to power off di layar, lepaskan tombol power dan tekan tombol home lima detik hingga layar muncul kembali.

-Bersihkan Cache Aplikasi Apple

Cache telah membuat Iphone Anda berjalan lebih lambat, namun ada cara mudah untuk membersihkannya dengan cepat. Ada beberapa aplikasi Apple yang memungkinkan pengguna membersihkan cache secara manual seperti App Store, Podcasts, Music, Game Center, Imessage dan Phone.

Anda bisa membersihkannya langsung dengan membuka aplikasi tersebut dengan cepat tekan sepuluh kali berturut-turut pada salah satu ikon tab di bagian bawah layar. Setelah Anda melakukan itu, layar akan kosong sejenak, dan cache akan dihapus.

-Penghapusan Pesan Otomatis

Anda mungkin akan terkejut melihat berapa banyak pesan memakan memori. Periksa  Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage untuk melihatnya sendiri.

Untuk itu, Anda perlu menyetel penghapusan pesan otomatis. Klik Settings > Messages > Keep Messages lalu ubah setting “Forever” menjadi “30 Days” atau “1 Year”.

-Nonaktifkan Animasi

Animasi transisi Apple di IOS memang sangat indah di layar Iphone, namun percaya atau tidak, animasi tersebut juga membuat smartphone berjalan lambat. Cobalah untuk tidak mengaktifkannya dengan mengakses Settings > General > Accessibility dan aktifkan “Reduce Motion”. Anda juga bisa mengatur opsi “Increase Contrast” dan “Reduce Transparency” untuk membuat baterai lebih hemat.

-Aktifkan Wifi Assist

Ada beberapa cara untuk memperbaiki performa baterai Iphone. Pertama, gunakan fitur Wifi Assist dari Wifi to cellular data ketika Anda menemukan spot Wifi.  Untuk mengaturnya, akses Settings > Cellular lalu slide aktif “Wifi Assist”.

-Aktifkan Mode Low Power

Semua orang pasti akan mendapat notifikasi untuk mengaktifkan mode ini saat baterai ponsel hanya tersisa 20%. Sebenarnya, mode ini bisa diaktifkan kapan saja bahkan ketika baterai masih terisi penuh.

Apabila Anda berencana memiliki hari yang sibuk dengan Iphone, tak ada salahnya untuk mengaktifkan fitur ini. Akses Settings > Battery > Low Power Mode lalu slide aktif. Fitur tersebut akan menon-aktifkan email, menghentikan aplikasi untuk merefresh background dan beberapa penyesuaian lainnya.

-Sesuaikan Pengaturan Lokasi

Beberapa aplikasi seperti Dark Sky dan aplikasi cuaca lainnya selalu mencari lokasi Anda. Namun, aplikasi tersebut dapat menyedot daya baterai Anda dengan sangat cepat.

Untuk menghematnya, bisa menyetelnya di Settings > Privacy > Location Services lalu pilih aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk mengakses lokasi Anda.

-Hentikan Iphone Melacak

Secara default, Iphone selalu melacak ke mana penggunanya pergi dan menyimpan tempat-tempat yang sering dikunjungi. Hal itu juga menghabiskan baterai dengan cepat. Setel fitur dengan mengakses Settings > Privacy > Location Services lalu gulir ke bawah dan matikan fitur “Frequent Locations”.

-Matikan Fitur Product Improvement



Sangat mulia apabila Anda ingin Apple memperbaiki produk mereka. Namun, Anda harus tahu hal tersebut menguras masa hidup baterai Anda.

Ubah di Settings > Privacy, temukan dan ketuk Diagnostics & Usage lalu pilih “Don’t Send”. Kemudian, buka Settings > Privacy > Location Services > System Services, matikan “Diagnostics & Usage”, “Popular Near Me”, “Routing & Traffic” dan “Improve Maps”.

-Sesuaikan Pengaturan Background App Refresh

Apakah Anda terus mendapat notifikasi dari aplikasi bahkan ketika menghentikan Background App Refresh? Banyak orang berpikir dua fitur itu berhubungan namun sebenarnya tidak.

Untuk menghemat baterai, Anda bisa mematikan fitur Background App Refresh dengan cara membuka Settings > General > Background App Refresh lalu pilih satu persatu aplikasi yang ingin dimatikan.  Aplikasi email dan pesan masih tetap akan berjalan dengan baik ketika aplikasi refresh backgroundnya dimatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya