SOLOPOS.COM - Cara Rekam Panggilan Telepon (Liputan6.com)

Tips smartphone kali ini tentang cara memindahkan kontak ponsel lawas ke ponsel baru.      

Solopos.com, SOLO — Baru ganti smartphone baru, dan tak ingin kehilangan kontak dari smartphone lama? Ternyata mudah sekali! Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Anda dapat melakukan transfer kontak dari smartphone lama ke smartphone baru Anda. Seperti dikutip dari Android Pit, Jumat (3/6/2016), berikut cara memindahkan kontak dari smartphone lama  ke smartphone baru.

1. Sinkronisasi Akun Google

Salah satu metode termudah dan sederhana untuk mentransfer kontak adalah dengan melakukan sinkronisasi akun Google pada kedua smarpthone Anda. Caranya mudah, gunakan akun Google yang sama di smartphone lama Anda dengan smartphone baru.

Contohnya, bila smartphone lama Anda menggunakan email alamat@gmail.com, smartphone baru juga harus memakai email alamat@gmail.com. Kemudian pada smartphone baru Anda, pilih Setting, Account, Google dan aktifkan sinkronisasi kontak pada pengaturan Contact Sync.

2. Transfer Kontak Via Kartu MicroSD

Bila dua smartphone Anda baik yang lama atau baru memiliki slot SD card, transfer kontak bisa dilakukan dengan kartu microSD. Caranya, Anda hanya tinggal membuka kontak pada smartphone lama, kemudian pilih import atau export. Selanjutnya, export ke storage.

Kemudian, masuk ke buku alamat, kemudian import di bagian menu dan terus ikuti petunjuk yang diberikan. Sayangnya, cara ini memungkinkan adanya duplikasi kontak, apalagi bila Anda melakukan sinkronisasi pada akun Google.

3. Transfer Kontak Via Memori Internal

Serupa dengan transfer kontak melalui SD card, Anda tinggal memilih memori internal sebagai tujuan kontak. Caranya, Anda perlu menghubungkan perangkat ke PC dan menemukan file .vfc pada /System di perangkat Anda.

Kemudian, salin file tersebut ke lokasi yang ada di PC dan transfer ke perangkat baru Anda. Selanjutnya, masuk ke Address book, import ke ponsel baru Anda, lalu pilih Internal storage. Temukan lokasi file .vfc, buka dan import ke daftar kontak.

4. Transfer Via Kartu SIM

Bila Anda ingin berganti smartphone, namun tetap menggunakan kartu SIM yang sama, Anda bisa menggunakan metode lama untuk memindahkan kontak, yakni menyalin semua kontak ke kartu SIM. Sayangnya, kebanyakan kartu SIM memiliki kapasitas terbatas, yakni 200 kontak.

5. Transfer kontak dari Iphone ke Android

Memindahkan kontak dari Iphone ke Android mungkin agak rumit, namun tetap bisa dilakukan. Salah satunya dengan sinkronisasi akun Google. Pengguna bisa menyeleraskan Gmail, Calendar, kontak pada Iphone, dan Ipad pada perangkat baru. Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah seperti yang telah dijelaskan pada bagian pertama.

6. Transfer kontak dari Android ke Iphone

Bila Anda baru berganti smartphone dari Android ke Iphone, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya masuk ke Account, pilih Add account, dan Anda bakal menemukan Google masuk ke dalam daftar tersebut.

Bila Anda memilih memindahkan kontak melalui akun Google, Anda bisa melakukannya dengan cara di atas, yakni dengan login akun Google ke Iphone dan seluruh kontak Anda pun akan ditampilkan pada buku telepon Iphone. Tak serumit yang dibayangkan bukan? Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya