SOLOPOS.COM - Android One Aquaris (GSMarena)

Tips smartphone kali ini tentang langkah-langkah saat memiliki ponsel Android.

Solopos.com, SOLO — Memiliki smartphone terbaru pastinya membuat seseorang jadi ingin langsung menjajalnya. Tapi tunggu, jangan terburu-buru!

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebelum Anda mengoprek apa yang ada di dalamnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja? Seperti dikutip dari Android Central, Selasa (23/5/2016), setidaknya ada sembilan hal yang perlu dicek sebelum menggunakan ponsel Android baru. Berikut ini penjelasan sembilan langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Perhatikan Semua Benda di Boks Ponsel

Ketika Anda membeli ponsel baru, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka boks dan perhatikan semua benda di dalamnya. Jangan dulu terpaku pada smartphone-nya.

Pastikan Anda melihat benda-benda seperti kabel, kepala charger, hingga earphone di dalamnya. Pada beberapa ponsel tertentu, perusahaan memberikan peralatan pendukung seperti charger atau earphone. Intinya, Anda harus semua kelengkapan ada di dalam kotak smartphone yang baru saja dibeli.

2. Lihat Baik-Baik Perangkat Android

Pastikan smartphone Android yang baru dibeli itu dalam kondisi baik dan tak ada yang rusak. Namun, penting juga untuk membuka semua bungkusan plastik untuk memastikan tidak ada bodi yang lecet. Jangan lupa untuk melihat bagian lensa kamera dan buka tutup pelindungnya agar hasil foto menjadi jernih.

3. Pastikan Daya Baterai Bisa Diisi

Coba untuk menghubungkan charger dengan sumber listik dan pastikan daya ponsel benar-benar bisa terisi dengan baik.

4. Hubungkan dengan Wifi

Bila Anda memiliki sebuah Android baru, jangan lupa untuk mengecek apakah koneksi Wifi berjalan dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan Internet koneksi Wifi agar data Anda tak terlalu boros.

5. Cek Pembaruan Sistem Operasi

Bila Anda memiliki Android baru, pastikan untuk selalu meng-update sistem operasinya ke versi terbaru.

6. Log In ke Akun Google

Bila Anda berencana menggunakan layanan Google dan Google Play pada perangkat Android, terlebih dahulu harus log in ke akun Google.

7. Perbarui Seluruh Aplikasi ke Versi Terbaru

Dalam ponsel Android biasanya sudah terinstall beberapa aplikasi. Nah, begitu Anda mengaktifkan smartphone, jangan lupa untuk memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru. Hal itu dimaksudkan agar kinerja ponsel menjadi lebih cepat dan optimal.

8. Jangan Lupa Lihat Seluruh Pengaturan

Ada banyak hal yang bisa Anda atur pada Android baru, seperti pengaturan suara, volume, screen timeout, tingkat kecerahan layar, hingga keamanan kunci. Atur semuanya sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda. Fitur keamanan bernama Factory Reset Protection (FRP) dibutuhkan saat kamu ingin melakukan factory reset pada smartphone Android.

9. Sign In ke Akun Media Sosial

Bila Anda pengguna aplikasi Facebook, Twitter, Pinterest dan lain-lain, cobalah untuk melakukan log in melalui smartphone. Sama halnya bila Anda pengguna Samsung atau Sony, coba untuk masuk ke akun Anda. Nah, sudah siap menjajal Android baru?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya