SOLOPOS.COM - Ilustrasi Aplikasi (Nextren.grid.id)

Solopos.com, SOLO — Pengguna handphone (HP) Android tentu mengenal penyedia aplikasi untuk mendukung kinerja smartphone Anda. Salah satunya Google Play Store yang menyediakan ribuan aplikasi HP yang bisa diunduh gratis.

Bahkan yang disediakan oleh Play Store kategorinya sangat beragam, mulai dari aplikasi hiburan, informasi, finance, edukasi, perangkat teknologi, dan sebagainya. Apalagi jika sudah ada yang menggunakan pasti aplikasi tersebut bakal ramai yang mengunduh.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Namun, sebenarnya dari ribuan aplikasi yang bisa diunduh gratis tersebut ada juga aplikasi yang membahayakan atau mengandung malware atau yang bisa menyerang perangkat Anda. Memang jika tidak detail melihat aplikasi tersebut seperti aplikasi asli.

Baca juga: HP Kamu Sering Ngelag atau Lemot, Ini Cara Mengatasinya

Nah, agar jangan sampai Anda terjebak atau terlanjur menggunakan aplikasi berbahaya atau mengandung malware berikut tipsnya dirangkum dari pricebook.co.id dan nextren.gid.id.

Pastikan nama developer aplikasi tersebut sudah sesuai dengan nama developer aslinya. Memang untuk memastikan membutuhkan waktu karena Anda harus mencari tahu terlebih dahulu. Hal ini tentu sebanding jika menghindarkan Anda dari malware.

Kemudian ada cara lainnya yang lebih mudah, Anda cukup meluangkan waktu untuk penilaian dan ulasan yang ada di aplikasi tersebut. Jika aplikasi asli rating tinggi dan ulasannya baik. Karena aplikasi yang asli banyak komentar positifnya.

Baca juga: Ingin Live Streaming di Facebook? Begini Caranya

Anda juga bisa mengecek jumlah download dari aplikasi tersebut, karena Google akan secara rinci mencantumkan berapa jumlah download dari setiap aplikasi. Umumnya, aplikasi asli dan tidak berbahaya, banyak yang mengunduh.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek pada menu “Play Protect” yang ada di bagian profile pojok kiri atas halaman awal aplikasi. Setelah masuk ke menu play protect Anda akan menemukan daftar aplikasi yang baru di-scan oleh Google Play Store.

Jadi jika Anda menemukan hasil dari scan tersebut yang menunjukkan “Looks Good” artinya tidak ada aplikasi yang membahayakan di HP Anda.Atau pas mengunduh aplikasi, saat proses download Anda melihat tanda “Verified by Play Protect” maka itu aman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya