SOLOPOS.COM - Gambar Bertautan Ini berisi Malware (facebook)

Solopos.com, SOLO – Situs jejaring sosial, Facebook lagi-lagi menjadi sasaran malware. Baru-baru ini, beredar “penjahat siber” berkedok tawaran mengunduh rekaman video syur berjudul “Gadis Mabuk Setelah Pesta”.

Pengguna Facebook yang memakai perangkat Android akan diarahkan ke tautan download aplikasi UC Browser. Sedangkan untuk pengguna personal computer (PC) mengarah ke situs penyimpanan, Dropbox.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Keduanya mengharuskan pengguna mengisi data akun dan password verifikasi .Setelah masuk link di Dropbox, pengakses akan dialihkan ke situs palsu Youtube.

Situs palsu ini akan meminta korban untuk menginstal sejenis codec jika ingin melihat rekaman video menggoda di awal jebakan. Padahal yang diinstal adalah malware dan bukan codec.

Setelah codec diinstal, jenjang seterusnya meminta penggakses mengunduh rekaman video di Youtube. Pantauan Solopos.com, Senin (8/12/2014), rekaman video itu dikemas dengan judul berbeda-beda sesuai dengan negara video itu tersebar. Di Malaysia, tautan serupa diberi judul “Aksi Lucu Gadis Mabuk Teruk”.

Analis keamanan Internet, Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengungkan tautan itu memanfaatkan Goo.gl url shortener dan dropbox untuk menyebarkan malware. “Sumber malware diperkirakan dari Malaysia dan saat ini administrator Facebook sedang bekerja keras membasmi posting-postingan yang menyebar dengan masif di wall pengguna Facebook terutama dari Indonesia dan Malaysia,” jelasnya sebagaimana dikutip Solopos.com dari Detik, Senin (8/12/2014).

Alfons meyakini modus ekonomi juga menjadi latar belakang penyebaran jebakan ini. Betapa tidak? Saat diklik, pengguna bakal disodori aplikasi UC browser for Android. “Pengetesan yang kami lakukan di Android begitu,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya