SOLOPOS.COM - Jebakan Malware berupa "Wanita mabuk setelah pesta" (facebook)

Solopos.com, SOLO – Situs jejaring sosial Facebook kembali jadi senjata ampuh untuk menyebarkan malware. Setelah memakai gambar “wanita mabuk setelah pesta”, kini ada lagi malware yang dikemas dalam gambar jebakan lain.

Pantauan Solopos.com, Rabu (17/12/2014), sejumlah malware atau virus komputer tersebar di Facebook. Beberapa diunggah dalam tautan jebakan bergambar wanita dengan seorang pria di dalam kamar hotel.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam gambar itu, wanita terlihat terkulai lemas di kasur. Tautan bergambar itu memajang judul Bukannya Menolong, Pria Justru Memanfaatkan Wanita Mabuk Ini. Tautan dikemas dengan format mirip situs berita.

Tautan lain menggunakan judul HEBOH !!! Gadis Mabuk Mencabuli Sebatang Pohon. Ada pula yang memakai gambar seolah-olah seorang wanita sedang dimakan ular besar.

Seluruh gambar ini sebetulnya tak jauh berbeda dengan penyebaran malware lewat video wanita mabuk setelah pesta. (Baca: Hati-Hati, Video “Gadis Mabuk Setelah Pesta” Jebakan Malware!)

Setelah mengeksploitasi ekstensi Google Chrome, pembuat malware membuat beberapa varian baru yang dikeluarkan seperti “raksasa ular makan manusia” yang sebenarnya merupakan pengalihan alamat situs saja.

Termasuk pada Sabtu, 13 Desember 2014, pelaku mengeluarkan varian baru lainnya yang tidak lagi mengeksploitasi ekstensi Google Chrome, tetapi sekarang mengeksploitasi ekstensi Firefox.

Dilansir Detik, pemilihan waktu penyebaran akhir pekan bukannya tanpa alasan, karena administrator biasanya libur. Jadi jika pengguna komputer mengalami masalah, kemungkinan besar ia baru akan dibantu pada hari kerja berikutnya sehingga malware ini memiliki kesempatan dua hari untuk menyebarkan dirinya dengan leluasa.

Situs yang dipilih juga sudah berganti yang dulunya atasberita.info menjadi beritavideo.info/gadis.

Selain itu, tagging yang dilakukan oleh gadis mabuk ini juga lebih ganas di mana ia akan melakukan tagging berulang pada satu posting secara berkala guna mendapatkan cakupan korban yang maksimal.

Selain itu, beberapa kalimat provokatif yang sangat menggoda pengguna Facebook juga disodorkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya