SOLOPOS.COM - Air bag Volvo V40 (volvo/inventionnewsdaily.com)

Air bag Volvo V40 (volvo/innovationnewsdaily.com)

NEW YORK—Volvo menjadi produsen otomotif pertama yang mengembangkan teknologi pengaman (air bag) bagi pejalan kaki. Teknologi ini dipakai pada mobil terbaru Volvo, V40.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Teknologi “humanis” ini menggunakan air bag seperti pada mobil kebanyakan. Hanya kali ini air bag dipasang di sisi depan mobil menutupi sepertiga kaca depan hingga  kaca pintu samping. Saat bumper mobil mendeteksi adanya tabrakan, air bag akan langsung mengembang.

Teknologi ini diklaim mampu mengurangi jatuhnya korban jiwa pada kecelakaan lalu lintas. Di Amerika serikat dilaporkan korban jiwa mencapai 12% dari total kecelakaan. Sementara di China jumlahnya lebih besar lagi, mencapai 25%.

“V40 adalah mobil pertama dalam seri V Volvo yang mengusung teknologi pengaman canggih,” ujar Thomas Broberg, konsultan teknologi keamanan Volvo seperti dilansir InnovationNewsDaily, Kamis (8/3) waktu setempat.

Broberg menegaskan, teknologi ini juga telah dilengkapi dengan sistem pendukung yang lebih baik dibandingkan mobil seri sebelumnya. Ia berharap teknologi ini akan membuat pejalan kaki lebih aman. “Kami berharap pada 2020 tidak akan ada korban kecelakaan yang meninggal karena tertabrak mobil Volvo,” imbuhnya.

Mobil terbaru ini juga telah dilengkapi detektor pejalan kaki yang akan memicu suara klakson dan lampu untuk memeperingatkan pengemudi saat akan menabrak. Bahkan saat pengemudi kehilangan kendali, sitem mobil akan otomatis mengerem untuk menghindari tabrakan. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya