SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelayanan kesehatan. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Aplikasi kecerdasan buatan atau aritficial intelligence (AI) buatan Microsoft dikabarkan akan masuk ke perusahaan software kesehatan asal Amerika yang telah digunakan lebih dari 500.000 dokter di seluruh dunia yakni Epic Systems.

Melansir CNBC International (28/6/2023), aplikasi yang dimaksud bernama Dragon Ambient eXperiences Express (DAX Express).

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Aplikasi ini dapat mengurangi waktu kerja dokter dengan menyusun catatan klinis pasien berdasarkan percakapan dokter dan pasien yang direkamnya secara real time.

Catatan klinis itu disusun dengan menggunakan kombinasi teknologi AI yang telah ada dan OpenAI model terbaru, GPT-4.

Kabar ini diumumkan melalui situs resmi Nuance Communication, anak perusahaan Microsoft di bidang pengenalan ucapan (speech recognition) yang baru diakuisisi pada 2021.

Dalam rilisnya, Nuance mengeklaim teknologinya dapat menghemat waktu hingga 7 menit pada setiap konsultasi pasien.

“Akan memakan waktu yang lebih lama untuk mengetiknya secara manual. Mereka kini dapat melakukannya dengan lebih baik, lebih cepat, dan dengan tingkat kenyamanan yang bahkan tidak mungkin terbayangkan pada 10 tahun lalu,” ujar Pimpinan Produk Divisi Rawat Jalan Epic, Garret Adams.

Dengan waktu kerja yang seharusnya ikut berkurang, maka para dokter memiliki waktu istirahat yang lebih banyak.

Data yang dihimpun Nuance melalui aplikasi ini dipastikan terenkripsi, sebagaimana Nuance memiliki persetujuan data yang ketat dengan pembelinya.

Nuance berharap DAX Express dapat mulai dipasarkan secara umum pada awal 2024. Namun, DAX Express akan tersedia untuk uji coba tertutup kepada sejumlah user pilihan pada musim panas ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Wow! Aplikasi AI Keluaran Microsoft Bisa Kurangi Waktu Kerja Dokter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya