SOLOPOS.COM - Peluncuran layanan LTE 4G XL untuk tiga kota, yaitu Medan, Jogja, dan Bogor, Jumat (19/12/2014). (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SURABAYA — Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. belum siap mengaplikasikan teknologi LTE 4G di Jawa Timur lantaran belum adanya infrastruktur yang memadai.

Kencono Wibowo, Deputy Chief Commerse Officer XL Axiata East dan North, mengklaim teknologi LTE 4G sejatinya sudah dicoba dan diluncurkan di tiga kota, yakni Medan, Jogja, dan Bogor. Sedangkan Surabaya sebagai ibu kota Jawa Timur dalam trial tetapi setelah on, justru menggangu jaringan 3G.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

“Untuk itu kami akan siapkan infrastruktur jaringan dan pendukungnya, termasuk kerja sama dengan vendor yang akan menyediakan smartphone yang mendukung LTE 4G dan menyiapkan pasar yang menjadi pelanggan LTE 4G,” jelasnya di sela-sela teleconference RUPS Luar Biasa XL Axiata di Surabaya, Rabu (7/1/2015).

Dia menambahkan, untuk mengaplikasikan teknologi LTE 4G, XL Axiata juga masih harus menunggu frekuesni 1.800 Mhz yang tengah diajukan kepada pemerintah. Saat ini, frekuensi yang digunakan LTE 4G XL yakni 900 Mhz. “Frekuensi ini menjadi salah satu yang menganggu jaringan 3G di Surabaya,” imbuhnya.

Kencono memaparkan, LTE 4G XL merupakan pengembangan teknologi XL yang ditargetkan sebagai proyek 2015 guna memperluas penggunaan era digital. LTE 4G yang memiliki kapasitas dan kecepatan tinggi itu ke depan akan dibutuhkan mengingat tren penggunaan layanan data yang semakin besar setiap tahunnya.

Wakil Presiden Direktur Perseroan XL Axiata Dian Siswarini dalam teleconference mengatakan pelanggan telekomunikasi saat ini cenderung mengarah pada layanan data dan layanan servis secara online. Untuk itu, XL ke depan akan fokus untuk memberikan servis pelanggan secara online melalui digital customer service.

“Pola konsumer saat ini telah berubah, sekarang mereka lebih suka secara online, maka kami akan tingkatkan pelayanan ini,” ujar Dian yang baru diangkat menjadi Wakil Presdir XL Axiata dalam RUPSLB di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya