SOLOPOS.COM - Ilustrasi air conditioner (AC). (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Apakah air conditioner atau AC yang lama tidak dipakai akan rusak? Ikuti penjelasan berikut ini.

Banyak orang terkejut mendapati AC-nya menjadi tidak dingin karena sudah lama tidak dipakai padahal keadaan sebelumnya masih normal.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

AC akan Rusak Jika Tidak Dipakai, Mitos atau Fakta?

Kendala berupa AC tidak dingin kerap terjadi pada rumah yang lama tidak dihuni atau ditinggal liburan panjang oleh pemiliknya. Perdebatan tentang apakah AC akan rusak jika tidak dipakai lantas membuat banyak orang khawatir secara berlebihan.

Faktanya, penyebab kerusakan pada AC bukan karena terlalu lama tidak digunakan. AC tidak dingin setelah lama tidak dipakai terjadi akibat kerusakan komponen yang belum terdeteksi. Itulah sebabnya orang baru menyadari bahwa AC sedang rusak ketika baru menyalakannya kembali.

Kecenderungan tersebut tak akan terjadi pada AC yang dinyalakan setiap hari sebab kerusakan kecil pun akan langsung disadari penggunanya.

 

Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin setelah Lama Tidak Dipakai

 

AC tidak dingin setelah lama tidak dipakai biasanya disebabkan beberapa faktor berikut ini, dikutip dari Aquaelektronik:

 

1. Filter AC tertutup debu

Salah satu biang keladi yang membuat orang bertanya apakah AC akan rusak jika tidak dipakai adalah filter yang kotor. Fungsi komponen AC yang satu ini memang vital untuk menyaring debu dari dalam ruangan. Meskipun sudah lama tidak dipakai, bukan berarti filter AC bersih dari debu. Akumulasi debu pada filter yang terkumpul dalam waktu lama justru membuat AC jadi tidak dingin.

 

2. Kondensor tertimbun debu dan kotoran

Selain filter, gangguan komponen lainnya berupa kondensor juga bisa membuat AC tidak dingin jika lama tidak dipakai. Letak kondensor yang berada di unit outdoor tentu rentan tertimbun debu dan kotoran, khususnya ketika cuaca panas. Anda patut membersihkan kondensor sampai tuntas sebelum kembali menyalakan AC setelah lama tidak digunakan.

 

3. Kebocoran gas freon

Udara dingin yang dihasilkan AC berasal dari sirkulasi gas freon dalam sistem tertutup. Bila pipa sirkulasi freon mengalami kebocoran, maka tekanan freon berkurang sehingga AC gagal mendinginkan ruangan secara maksimal. Karakteristik gas freon yang tidak berwarna dan berbau membuat kebocorannya hanya dapat dideteksi sewaktu AC dinyalakan.

 

4. Kerusakan pada komponen AC lainnya

AC tidak dingin setelah lama tidak dipakai juga dapat dipicu kerusakan komponen lain, seperti kompresor dan Printed Circuit Board (PCB).

 

 

Cara Mencegah Kerusakan AC Akibat Lama Tidak Dipakai

Jangan tunggu sampai AC telanjur rusak akibat lama tidak dipakai. Jangan sekadar bertanya apakah AC akan rusak jika tidak dipakai sebab Anda wajib mengimbanginya dengan cara perawatan yang tepat. Anda bisa mencegah kerusakan AC akibat lama tidak digunakan dengan melakukan cara-cara efektif sebagai berikut:

 

1. Periksa kebersihan AC secara rutin

Jangan mengabaikan kebersihan AC yang sudah lama tidak digunakan. Sebaiknya Anda tetap konsisten memeriksa kebersihan AC secara rutin setiap 3 bulan sekali. Luangkan waktu untuk membersihkan setiap elemen AC yang kotor agar fungsinya tidak terganggu saat digunakan kembali.

 

2. Tutup kondensor dengan kain

Letak kondensor yang berada di luar ruangan memang membuatnya rentan kotor walaupun tidak digunakan. Oleh karena itu, Anda mesti menutup kondensor dengan kain bersih yang kering untuk meminimalkan jumlah debu yang menempel pada permukaannya. Cara sederhana ini juga efektif membuat unit outdoor AC tidak cepat kotor.

 



3. Nyalakan AC meski sebentar

Siapkan waktu senggang untuk menyalakan AC meskipun hanya sebentar. Proses ini akan membuat sirkulasi freon dalam sistem pendinginan AC beroperasi secara lancar. Pastikan bahwa ruangan ber-AC dalam keadaan tertutup dan tidak terkena sinar matahari langsung agar tidak membebani kinerja kompresor secara berlebihan.

 

4. Bersihkan ruangan ber-AC agar selalu kering

Satu lagi hal sederhana yang penting saat merawat AC yang lama tidak dipakai adalah memastikan bahwa ruangan selalu kering dan bersih. Risiko kerusakan AC akan meningkat bila ruangan lembap dan berdebu, contohnya terjadi kontaminasi jamur dan karat pada bagian dalam unit indoor AC.

 

Demikian penjelasan tentang apakah AC akan rusak karena lama tidak dipakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya