SOLOPOS.COM - Ilustrasi media sosial (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA-Jika kamu penasaran, ternyata segini upah influencer di media sosial atau medsos, menurut IZEA.

Influencer TikTok dan Instagram mendapatkan upah rata-rata yang cukup besar dari masing-masing platform. Kondisi berbeda dirasakan oleh influencer Facebook. Dikutip dari Data Indonesia, Senin (4/9/2023), IZEA, perusahaan layanan dan solusi pemasaran influencer, mengungkapkan dalam laporannya bahwa pada 2022 rata-rata upah yang diterima konten kreator Instagram Story lebih besar dibandingkan dengan upah konten kreator Instagram biasa. Instagram disebut rela membayar dua kali lipat untuk konten kreator di Instagram Story.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Namun, IZEA mengungkapkan bahwa Instagram bukanlah perusahaan media sosial yang paling besar memberikan gaji kepada konten kreator. IZEA menempatkan Twitch sebagai perusahaan media sosial yang paling berani dalam memberi upah kepada konten kreator mereka dengan nilai rata-rata mncapai

Lantas seperti apa upah rata-rata yang diterima influencer per unduhan di media sosial.

 

Berikut upah influencer di media sosial berdasarkan pembayaran rata-rata per unggahan menurut IZEA:

 

  1. YouTube

Rata-rata bayaran influencer untuk setiap unggahan di YouTube sebesar USD2.102 atau setara dengan Rp32 juta. Influencer YouTube menempati urutan keempat dengan rata-rata bayaran tertinggi.

 

  1. Twitter (X)

Rata-rata bayaran untuk setiap unggahan influencer di aplikasi berwarna biru atau X disebut sebesar USD1.643 atau setara dengan Rp25 juta atau lebih rendah dibandingkan dengan influencer YouTube.

 

  1. Instagram

Tak hanya Twitter dan YouTube, ada rata-rata bayaran influencer untuk setiap unggahan foto di Instagram sebesar USD1.311 atau setara dengan Rp19 juta. Nilai unggahan akan naik jika influencer mengubahnya dalam format video kemudian diunggah di Instagram Story.

 

  1. Pinterest

Rata-rata bayaran untuk setiap unggahan influencer di Pinterest sebesar USD1.450 atau setara dengan Rp22 juta. Pinterest merupakan platform yang berisi edukasi.

 

  1. Twitch

Menurut laporan IZEA, rata-rata bayaran influencer per unggahan di Twitch menjadi yang terbesar di dunia. Seorang influencer dapat meraup bayaran untuk setiap unggahan hingga US$4.373 atau setara dengan Rp66 juta.

 

  1. Facebook

Selain itu, rata-rata bayaran influencer di Facebook menjadi yang paling kecil. Untuk setiap unggahan di media sosial tersebut, rata-rata bayaran influencer sebesar USD642 atau setara dengan Rp9 juta.

 

  1. TikTok

Rata-rata bayaran untuk setiap unggahan influencer di TikTok sebesar USD2.741 atau setara dengan Rp41 juta. TikTok bersaing dengan Instagram Story, di mana Istagram Story memiliki nilai gaji rata-rata yang sedikit lebih tinggi.

 

  1. Instagram Story

Terakhir, rata-rata bayaran influencer untuk setiap unggahan di Instagram story sebesar USD2.784 atau setara dengan Rp42 juta.

 

Demikian upah influencer di media sosial atau maedsos menurut IZEA



 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “TikTok dan Instagram Bersaing soal Gaji Influncer, Facebook Paling Kecil”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya