SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan ChatGPT. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Berikut ini beberapa fitur ChatGPT yang sebenarnya sangat bermanfaat tetapi jarang diketahui. Penggunaan ChatGPT telah melampaui batasan awalnya sebagai sekadar membantu keperluan yang berhubungan dengan teks, chatbot ini sekarang bisa menjadi solusi multifungsi yang diminati banyak orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Melansir dari Slashgear Senin (25/3/2024) kini ada lima cara untuk memanfaatkan ChatGPT yang mungkin belum terlintas dalam pikiran Anda dan membuat Anda lebih produktif.

 

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

1. Mendekorasi Rumah

Home Style Advisor GPT menawarkan saran dekorasi rumah yang sesuai dengan preferensi Anda dan ruangan itu sendiri. Bahkan juga dapat menghasilkan representasi visual dari saran-sarannya.

Menghadirkan estetika yang indah dalam foto namun tidak sesuai dengan ruang fisik seringkali menjadi tantangan tersendiri. Dengan ChatGPT Plus, Anda dapat memperoleh pendapat dari seorang desainer interior tanpa mengeluarkan banyak uang.

 

Berikut cara pemakaiannya.

  1. Di akun ChatGPT Plus Anda, pilih Explore GPTs pada bagian kiri atas layar.
  2. Cari Home Style Advisor. Pastikan itu adalah GPT oleh Eric Rafael Ramos Suárez.
  3. Klik Mulai Obrolan.
  4. Gunakan salah satu prompt yang sudah tersedia atau ketik sendiri.

Berikut beberapa contoh yang bisa Anda sesuaikan:

  • Bagaimana cara saya mendesain kantor rumah saya?
  • Jenis pencahayaan apa yang paling cocok untuk ruang tamu saya?
  • Berikan saya ide tentang dekorasi rumah fungsional untuk dapur saya.
  1. Anda juga dapat mengunggah foto ruangan Anda untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih personal. Jika Anda mengunggah foto tanpa memberikan prompt, ChatGPT akan menganalisanya dan memberikan saran umum.
  2. Anda juga bisa bertanya secara spesifik seperti “Bisakah Anda merekomendasikan susunan furnitur untuk kamar tidur saya?” atau “Apa dekorasi yang bisa saya tambahkan untuk menciptakan tampilan industri di ruangan ini?”

 

2. Menganalisa Warna yang Cocok dengan Diri Sendiri

Melakukan analisis warna pribadi menjadi tren belakangan ini bagi banyak orang. Warna pribadi Anda memberikan informasi tentang warna pakaian, riasan, dan aksesori yang sesuai dengan warna kulit, rambut, dan mata Anda.

Ketika Anda menggunakan warna yang sesuai, penampilan Anda terlihat lebih segar dan lebih muda.  ChatGPT kini bisa membantu menentukan warna palet yang sesuai dengan Anda, berikut caranya.

  1. Masuk ke akun ChatGPT Anda.
  2. Tingkatkan ke ChatGPT Plus jika Anda belum melakukannya.
  3. Klik Explore GPTs di panel sisi kiri.
  4. Ketik Personal Color Analisis di pencarian.
  5. Pilih GPT yang dikembangkan oleh Lana Aljuaid.
  6. Tekan Start Chat untuk memulai analisis Anda.
  7. Di kotak obrolan, unggah foto selfie Anda tanpa riasan dan dengan pencahayaan yang baik. Tidak perlu memasukkan prompt apa pun, karena GPT sudah tahu persis apa yang harus dilakukan dengan gambar Anda. Kemudian, GPT akan memberikan Anda analisis berdasarkan foto Anda.

 

3. Menentukan Outfit Pakaian dari Lemari

Salah satu GPT yang dapat Anda temukan di GPT Store ChatGPT adalah “My Curated Closet”. Dirancang untuk memberikan rekomendasi pakaian yang trendi atau klasik menggunakan barang-barang yang sudah Anda miliki di lemari Anda. Untuk menggunakan GPT ini, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  1. Akses My Curated Closet dari Toko GPT (dikembangkan oleh Jennifer Thoma).
  2. Klik Mulai Chat.
  3. Unggah foto pakaian Anda. GPT akan secara otomatis mengenali jenis pakaian tersebut dan memberi Anda ide tentang bagaimana cara memadukan mereka, lengkap dengan aksesorinya.
  4. Untuk mendapatkan respons yang lebih baik dari ChatGPT, sertakan gaya preferensi Anda atau potongan pakaian yang ingin Anda kenakan dalam prompt Anda.

Berikut beberapa saran:

  • Apa yang bisa saya tambahkan ke gaun ini agar terlihat lebih profesional?
  • Bisakah Anda memberikan saran outfit yang mencakup ketiga potongan pakaian ini?

 

4. Memberikan Ide Pose dalam Berfoto

Ketika Anda kebingungan dan canggung dalam berpose, ChatGPT bisa berfungsi sebagai asisten fotografi dengan nama Photo Pose Pro. Ini pada dasarnya menghasilkan ide pose berdasarkan skenario yang Anda berikan. Berikut ini langkah-langkah singkat tentang bagaimana cara kerjanya.

  1. Akses Explore GPTs di akun ChatGPT Plus Anda.
  2. Cari Photo Pose Pro (dikembangkan oleh Bao Quoc Phan). 3. Tekan Mulai Chat di deskripsi GPT.
  3. Klik salah satu pembuka percakapan yang tersedia. Atau, gunakan prompt kustom seperti,
  • Bantu saya berpose dengan gaun ball. BACA JUGA Gemini AI Google Terbaru Rilis, Lampaui ChatGPT?
  • Jenis pose apa yang bisa saya lakukan untuk petualangan hiking minggu depan?
  • Saya bersama tiga orang lain. Bagaimana kami bisa berpose saat di sebuah pernikahan?

Photo Pose Pro akan menampilkan daftar pose contoh yang bisa Anda lakukan, beserta instruksi detail tentang cara melaksanakan masing-masing. GPT ini juga memberikan tips fotografi yang relevan yang bisa Anda terapkan, seperti mengatur latar belakang dan pencahayaan agar sesuai dengan keinginan Anda, dan bahkan menambahkan properti. Untuk mendapatkan gambaran visual tentang pose-pose tersebut, Anda dapat meminta agar GPT menghasilkan beberapa gambar.

 

5. Bermain Game

Anda memiliki kesempatan untuk terlibat dalam permainan langsung dalam ChatGPT, dan itu semudah memulai obrolan dengan Escape Game GPT. Sesuai dengan namanya, GPT ini membawa Anda ke dalam pengalaman seperti ruang pelarian, tempat Anda menavigasi pilihan dan memecahkan teka-teki untuk melanjutkan petualangan.

Anda dapat memilih dari tiga tema berbeda (Kastil Abad Pertengahan, Stasiun Luar Angkasa, dan Pulau Misterius) dalam tiga tingkat kesulitan.

Selain itu, game ini menawarkan dukungan untuk tiga bahasa (Inggris, Spanyol, dan Prancis) untuk melayani pemain yang berbicara bahasa selain bahasa Inggris. Memulai permainan ini sangatlah mudah, cukup buka Escape Game dari GPT Store dan pilih /mulai pembuka percakapan.

Dari sana, Anda dapat menunjukkan bahasa, tema, dan tingkat kesulitan pilihan Anda. Perkembangan permainan selanjutnya sepenuhnya ada di tangan Anda.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Fitur Tersembunyi ChatGPT yang Jarang Diketahui, Bisa Dekorasi Rumah”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya