SOLOPOS.COM - Google Gemini.. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO – Google baru saja memperkenalkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Gemini. Teknologi ini ditenagai Bard, chatbot Google yang sudah ada sebelumnya.

Gemini diklaim mengalahkan performa ChatGPT karena lebih efisien dan pintar. Hal ini terbukti dari penggunaannya yang bisa dihadirkan pada berbagai jenis perangkat. Model ini akan mulai diperkenalkan pada awal 2024.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

 

3 Versi Gemini

Model ini hadir dalam tiga versi yaitu Nano, Pro, dan Ultra. Di mana versi Nano dirancang sebagai model yang paling efisien dan bisa dijalankan di perangkat seperti smartphone. Kemudian versi Ultra menjadi yang paling besar dan lambat tapi dengan kemampuan paling canggih. Model ini dirancang untuk menjalankan tugas yang rumit.

Sedangkan Gemini Pro tergabung dengan sistem Bard dan dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja.

 

Puluhan kali tes

Menurut CEO Google DeepMind Demis Hassabis, pihaknya telah membuat 32 pengetesan untuk membandingkan Gemini Ultra dan ChatGPT 4.

Untuk Gemini Ultra telah memenangkan 30 dari 32 tes yang dijalankan. “Saya pikir kita jauh unggul dalam 30 dari 32 kriteria tersebut. Beberapa di antaranya sangat sempit (jaraknya), beberapa di antaranya cukup besar,” ujar Hassabis dikutip Bisnis dari The Verge.

 

Kerja sama dengan Bard

Kemudian menurut Google, Gemini Ultra akan berkolaborasi dengan Bard dan akan dinamakan Bard Advanced. Generative AI ini akan mampu menangani tugas-tugas kompleks pada berbagai teks, gambar, audio, video, dan kode.

Namun sama halnya dengan ChatGPT4, Gemini Ultra nantinya akan berbayar. Akan tetapi masih belum diberikan informasi terkait biaya berlangganan dan tanggal peluncuran.

Dikutip dari Wired, saat ini Gemini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Namun, ke depannya Google juga berencana mengembangkan model dengan bahasa-bahasa lain.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Fakta Menarik Gemini, AI Google yang Lebih Efisian dan Pintar dari ChatGPT”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya