SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Letusan Gunung Eyjafjallajökull Islandia (Adventures.is)

Solopos.com, JAKARTA – Islandia tengah bersiap menghadapi risiko besar letusan gunung berapi karena adanya magma menyebar dengan cepat di bawah tanah di wilayah tersebut.

Kantor Meteorologi Islandia mengatakan ada risiko “besar” terjadinya letusan di atau dekat semenanjung Reykjanes karena besarnya intrusi magma bawah tanah dan kecepatan pergerakannya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Kemungkinan terjadinya letusan telah meningkat sejak pagi ini dan letusan dapat terjadi kapan saja dalam beberapa hari ke depan,” kata kantor tersebut dalam sebuah pernyataan dikutip Bisnis dari Firstpost.

Sebuah terowongan magma, atau batuan cair, yang membentang ke timur laut melintasi Grindavik dan sekitar 10 km lebih jauh ke daratan, diperkirakan kini memiliki kedalaman kurang dari 800 meter, dibandingkan dengan 1.500 m pada hari sebelumnya, kata kantor tersebut.

Peningkatan aktivitas seismik mendorong penutupan spa panas bumi Blue Lagoon, salah satu tempat wisata utama Islandia.

Negara kepulauan itu telah memerintahkan evakuasi segera dan semalaman di Grindavik, sebuah kota nelayan yang berpenduduk sekitar 3.000 jiwa.

Reykjanes adalah titik panas vulkanik dan seismik di barat daya ibu kota Reykjavik. Pada bulan Maret 2021, air mancur lava meletus secara spektakuler dari celah di tanah berukuran panjang antara 500.750 meter di sistem vulkanik Fagradalsfjall di kawasan itu.

Aktivitas vulkanik di daerah tersebut berlanjut selama enam bulan pada tahun itu, mendorong ribuan warga Islandia dan wisatawan mengunjungi lokasi tersebut.

Pada bulan Agustus 2022, terjadi letusan selama tiga pekan di wilayah yang sama, disusul letusan lainnya pada bulan Juli tahun ini. Sistem Fagradalsfjall, yang lebarnya sekitar 6 km dan panjang 19 km, sudah tidak aktif selama lebih dari 6.000 tahun sebelum letusan baru-baru ini.

 

Kondisi Semenanjung Reykjanes

Dikutip Bisnis dari Livescience, letusan yang berpotensi terjadi di Semenanjung Reykjanes di Islandia adalah bagian dari siklus aktivitas gunung berapi 1.000 tahun yang kemungkinan besar akan menyebabkan letusan selama berabad-abad, kata para ilmuwan. “Waktunya akhirnya habis,” Edward W.

Marshall, peneliti di Pusat Vulkanologi Nordik Universitas Islandia mengatakan, “Kita bisa bersiap menghadapi letusan beberapa ratus tahun lagi di Reykjanes.”

Aktivitas seismik mulai meningkat di bagian selatan semenanjung pada bulan Oktober, dengan ratusan gempa bumi tercatat di sana setiap hari. Pada 10 November, pihak berwenang mengevakuasi kota Grindavík dan para ahli memperingatkan letusan gunung berapi bisa terjadi hanya dalam beberapa hari.

Magma di dalam terowongan – juga dikenal sebagai tanggul – tampaknya naik ke permukaan, dan ada risiko tinggi untuk menerobos.

Daerah upwelling magma terbesar saat ini berada di dekat Sundhnúkur, sekitar 2 mil (3,5 km) timur laut Grindavík, menurut IMO. Para peneliti yakin jumlah magma di terowongan tersebut “jauh lebih banyak” dibandingkan dengan letusan di Fagradalsfjall, yang kembali hidup pada tahun 2021 setelah tidak aktif selama lebih dari 800 tahun.

Letusan tahun 2021 tersebut menandai dimulainya siklus baru aktivitas gunung berapi di Semenanjung Reykjanes. Catatan geologi menunjukkan periode tidak aktif berlangsung antara 600 dan 1.200 tahun, yang kemudian diikuti oleh letusan yang berlangsung antara 200 dan 500 tahun, kata Clive Oppenheimer, profesor vulkanologi di Universitas Cambridge di Inggris.

“Sepertinya tahun 2021 memulai fase letusan baru yang mungkin menyebabkan beberapa zona patahan yang melintasi [Semenanjung Reykjanes] menyala dan mati selama berabad-abad,” katanya.

Kendaraan meninggalkan kota Grindavik, barat daya Islandia, selama evakuasi setelah gempa bumi, dengan latar belakang laut Semenanjung Reykjanes berada di atas dua lempeng tektonik yang sedang terpisah.

Ketegangan yang menumpuk dilepaskan secara tiba-tiba sebagai bagian dari siklus. “Kita sekarang berada dalam salah satu kondisi ini,” kata David Pyle, ahli vulkanologi dan profesor ilmu kebumian di Universitas Oxford, Inggris.

Jika retakan muncul, letusan bisa berlangsung selama beberapa pekan. Besarnya jumlah magma yang terlibat dibandingkan dengan letusan sebelumnya di wilayah tersebut dapat mengakibatkan lebih banyak aliran lava di permukaan, kata Oppenheimer.

Apa yang terjadi selanjutnya adalah permainan menunggu, kata Marshall. “Saya memperkirakan jika terjadi letusan akan terjadi antara beberapa hari hingga tiga pekan. Jika belum meletus dalam tiga pekan, saya rasa hal itu tidak akan terjadi. Pendinginan akan mulai menutup retakan.”

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Islandia Bersiap Hadapi Letusan Gunung Terbesar Sejak 10 Tahun”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya