SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (Aquaelektronik)

Solopos.com, SOLO – Jika kamu sedang mengalami kendala flashdisk tidak terbaca di TV, berikut ini penjelasannya.

Seperti diketahui manfaat TV kini bukan sekadar untuk menikmati tayangan hiburan dari siaran digital. Elektronik tersebut dapat diintegrasikan dengan flashdisk untuk menampilkan konten audio visual dalam berbagai format.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kalau kamu sering menggunakan TV untuk aktivitas tersebut, berarti kamu patut memahami cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di TV. Jangan membiarkan kendala sekecil apa pun mengganggu keleluasaan Kamu dalam memaksimalkan fungsi TV.

Ulasan yang disajikan di laman Aquaelektronik ini akan membantu Kamu mencari tahu penyebab flashdisk tidak terbaca di TV serta cara efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca di TV

Proses menampilkan data flashdisk ke TV memang mudah sebab kamu hanya perlu menyambungkannya saja ke tempatnya. Namun, beberapa penyebab berikut ini bisa membuat flashdisk tidak terbaca di TV:

 

1. Flashdisk adalah produk palsu

Banyak sekali produk flashdisk palsu di pasaran yang menarik perhatian karena harganya sangat murah. Sayangnya, harga tersebut tak sebanding dengan kerepotan yang kamu rasakan saat flashdisk tidak terbaca di TV. Kamu harus ekstra teliti mengenali ciri-ciri flashdisk orisinal supaya tidak terkecoh membuat produk palsu karena tergiur dengan harganya.

 

2. Format flashdisk tidak sesuai dengan spesifikasi TV

Mayoritas TV pintar di Tanah Air hanya bisa membaca flashdisk dengan format FAT32. Itulah sebabnya format flashdisk lainnya seperti NTFS, FAT, dan ExFAT gagal terbaca saat dihubungkan ke TV.

 

3. Port USB TV sedang rusak

Masalah yang membuat flashdisk gagal terbaca di TV rupanya bisa disebabkan oleh kerusakan port USB di TV. Penyebab ini tentu jarang disadari karena mayoritas orang cenderung hanya memeriksa kondisi flashdisk tanpa memperhatikan port USB TV.

 

4. Ada benda asing tersangkut di konektor flashdisk

Penyebab flashdisk tidak terbaca di TV yang juga kerap luput dari perhatian adalah kotoran dalam konektor flashdisk. Kondisi ini biasanya rentan terjadi bila kamu menggunakan flashdisk tanpa tutup. Akumulasi kotoran dalam flashdisk tentu menghambat proses transfer data sehingga TV tidak mampu membaca isi flashdisk.

 

5. Kontaminasi virus dan malware

Flashdisk yang terserang virus dan malware bukan hanya berisiko kehilangan data, tetapi juga bisa mengakibatkan gangguan lain seperti gagal teridentifikasi di TV. Masalah ini dapat muncul bila flashdisk kerap digunakan pada laptop atau komputer yang tingkat keamanannya rendah.

 

6. Flashdisk berstatus terkunci

Penguncian flashdisk kerap dilakukan agar data-data yang terdapat di dalamnya tidak bisa disalin sembarangan. Di sisi lain, flashdisk yang berstatus terkunci juga dapat menyulitkan karena datanya tidak dapat diakses sewaktu disambungkan ke TV.

 

7. Sering mencabut flashdisk tanpa eject

Proses eject tidak boleh diabaikan ketika Kamu hendak mencabut flashdisk dari laptop maupun komputer PC. Kebiasaan mencabut flashdisk sembarangan saat sedang menggunakannya berisiko membuat data-data dalam flashdisk jadi rusak (corrupted). Kerusakan tersebut mengakibatkan data-data flashdisk jadi sulit dibaca, termasuk ketika sedang disambungkan ke TV.

 

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di TV

Jangan panik jika Kamu mengalami masalah flashdisk tidak terbaca di TV. Cobalah melakukan beberapa cara berikut ini agar koneksi antara flashdisk dan TV berlangsung lancar:

 

1. Gunakan produk asli dengan format yang sesuai

Hal pertama yang mesti kamu lakukan supaya flashdisk terbaca di TV adalah memastikan bahwa perangkat tersebut adalah produk asli dengan format FAT32. Jangan sampai flashdisk palsu menyebabkan gangguan koneksi bahkan membuat kamu kehilangan data-data penting.



Buka kunci flashdisk terlebih dahulu: bila flashdisk tidak terbaca di TV karena terkunci, maka kamu mesti membuka kuncinya terlebih dahulu sebelum menyambungkannya ke TV.

 

2. Bersihkan konektor flashdisk yang kotor

Usahakan untuk menjaga kebersihan konektor flashdisk secara telaten. Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau lap bersih yang kering supaya tak ada kotoran yang mengganggu fungsi flashdisk.

 

3. Lakukan proses format ulang

Keberadaan virus dan malware yang mengganggu kinerja flashdisk dapat diatasi dengan melakukan format ulang. Seluruh data yang tersimpan di flashdisk akan hilang setelah proses format. Namun, flashdisk akan kembali normal dan bisa disambungkan ke TV secara praktis. Tak cuma ampuh mengatasi virus dan malware, format ulang juga memulihkan flashdisk dari kerusakan data akibat penggunaan tanpa eject.

 

4. Perbaiki port USB TV yang rusak

Kerusakan yang terjadi pada port USB TV juga harus lekas diperbaiki supaya kamu bisa menyambungkannya dengan flashdisk. Proses perbaikan ini membutuhkan bantuan tenaga profesional agar hasilnya berkualitas tanpa memicu kerusakan pada bagian TV lainnya.

Demikian kemungkinan-kemungkinan penyebab flashdisk tidak terbaca di TV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya