SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka akun WA. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kenapa tidak bisa download file di WA tentu menjadi pertanyaan Anda saat gagal melakukan pengunduhan. Hal ini tentu bisa mengganggu, terutama bila pekerjaan profesional Anda sangat tergantung dengan aplikasi WhatsApp. Untuk mengatasinya, simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

Sedang mengirimkan gambar foto maupun video dan kamu akan mengunduh tetapi menemukan tulisan “Unduhan Gagal: Pengunduhan tidak dapat diselesaikan, Silakan coba lagi nanti”. Sepertinya hal ini menandakan adanya masalah pada whatsapp yang kamu miliki atau mungkin smartphone yang kamu gunakan.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Whatsapp telah membuat applikasi pesan yang jauh lebih mudah dan menyenangkan, untuk saat ini tentu banyak orang yang menggunakan Whatsapp sebagai applikasi komunikasi jarak jauh. Ketika kita sulit mengunduh gambar yang dikirim oleh pengirim tentu akan membuat kita penasaran.

Nah untuk menjawab pertanyaan kenapa tidak bisa download file di WA, Anda harus memeriksa hal-hal berikut ini yang bisa jadi penyebabnya dikutip dari laman resmi WhatsApp pada Jumat (24/11/2023):

1. Telepon memiliki koneksi internet aktif dengan sinyal yang kuat. Cobalah memuat halaman web untuk memastikan.

2. Tanggal dan waktu telepon disetel dengan benar. Jika tanggal salah, Anda tidak akan dapat terhubung ke server WhatsApp untuk mengunduh media. Pelajari cara mengatur tanggal dengan benar di sini.

Jika semua penyebab itu belum bisa menjawab pertanyaan kenapa tidak bisa download file di WA, maka mungkin ada masalah dengan kartu SD. Untuk melakukan verifikasi, pastikan kartu SD memiliki:

1. Ruang penyimpanan kosong yang cukup. Jika terdapat cukup ruang di kartu SD, tetapi Anda masih tidak dapat mengunduh file apa pun dari WhatsApp, Anda mungkin perlu menghapus data WhatsApp dari kartu SD.

2. Mode hanya baca (read-only) dimatikan.

Jika tidak ada satu pun dari solusi ini yang dapat menyelesaikan masalah, kemungkinan kartu SD Anda rusak. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu memformat ulang kartu SD atau membeli kartu SD baru. Namun bila Anda melakukan format ulang kartu SD akan menghapus semua isinya.

Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba semua langkah tersebut, lakukan hal berikut:

1. Konfirmasikan bahwa Anda menggunakan WhatsApp versi terbaru, atau perbarui jika perlu. Pelajari cara memperbarui WhatsApp di artikel ini.

2. Jika versi WhatsApp Anda benar, mulai ulang perangkat Anda.

3. Jika memulai ulang telepon tidak memperbaiki masalah, pastikan bahwa telepon Anda memiliki sistem operasi versi terbaru. Pasang pembaruan jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya