SOLOPOS.COM - Ilustrasi menyalakan TV digital. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO –Mungkin di antara kamu ada yang mengalami channel TV digitalnya cuma sedikit. Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya.

Sejak pemerintah menghentikan siaran analog pada 2022, jumlah channel TV digital makin bertambah. Namun, kadang muncul kendala yang menyebabkan orang bertanya-tanya kenapa channel TV digital sedikit dan tidak lengkap.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Untuk bisa menikmati siaran TV digital, Anda perlu menggunakan perangkat tambahan Set Top Box (STB). Alat ini berfungsi sebagai perantara buat mengubah sinyal analog jadi digital untuk disiarkan.

Kadang, channel TV digital sedikit yang muncul di TV Anda bisa disebabkan oleh masalah pada STB atau bisa juga karena hal lain. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab channel TV digital sedikit, dikutip dari Aquaelektronik.

 

Penyebab TV Digital Channel Sedikit

Lokasi yang jauh dari jangkauan sinyal siaran TV Digital

Perlu diketahui bahwa siaran TV digital di tempat satu bisa berbeda dengan tempat yang lain. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya jarak yang jauh dari pemancar sinyal TV digital sehingga mempengaruhi penerimaan siaran.

Jika pengguna berada di daerah yang lebih jauh dari pemancar, sinyal yang diterima mungkin lebih lemah dan inilah alasan kenapa channel TV digital sedikit yang bisa diakses. Selain itu, bisa juga daerah tempat tinggal Anda berada di luar jangkauan sinyal siaran TV digital sehingga channel yang tertangkap sedikit, walaupun sudah menggunakan STB.

 

STB tidak bersertifikasi Kominfo

STB bersertifikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) umumnya sudah diuji standar kemampuan dan jangkauannya dalam menerima siaran TV digital di Indonesia. Jangan mudah tergiur oleh STB berharga murah karena berisiko tidak dapat menangkap banyak sinyal channel TV digital.

 

Posisi antena kurang tepat

Posisi antena yang Anda gunakan bisa mempengaruhi penangkapan sinyal siaran digital. Jika posisi antena tidak tepat atau terhalang bangunan, pohon, atau struktur lainnya, sinyal yang diterima dapat terganggu atau bahkan terblokir. Akibatnya, channel TV digital yang dapat diakses pun sedikit.

 

Kualitas antena kurang memadai

Meski sudah pakai STB, Anda tetap perlu dukungan antena yang berkualitas untuk bisa menangkap banyak channel TV digital. Kualitas antena yang kurang baik bisa membuat penangkapan sinyal channel TV digital menjadi sedikit.

 

Kesalahan saat pemindaian

Alasan lain kenapa channel TV digital sedikit bisa disebabkan oleh perbedaan konfigurasi atau kesalahan saat pemindaian. Setiap TV atau STB memiliki konfigurasi yang berbeda untuk pemindaian kanal TV digital. Jika pengaturan konfigurasinya kurang tepat, maka channel TV digital yang diakses sedikit.

 

Cara Memperbanyak Siaran TV Digital

 

Setelah mengetahui penyebab kenapa channel TV digital sedikit, Anda dapat mencoba salah satu tips ini sebagai cara memperbanyak siaran TV digital.

 

Atur ulang posisi antena dengan benar

Biasanya, semakin tinggi posisi antena, semakin kuat sinyal yang diterima karena terhindar dari halangan seperti pohon dan tembok. Pastikan juga untuk mengarahkan antena menuju pemancar sinyal terdekat.

 

Pastikan area sudah dijangkau oleh sinyal digital

Daerah yang memiliki sinyal TV digital lemah akan sulit menerima channel TV digital. Anda bisa mencari area code TV digital yang terdekat dengan area Anda sehingga sinyal TV digital pun akan kuat.

 

Instal aplikasi sinyal TV Digital

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengecek channel TV digital yang tersedia di wilayah Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengecek seberapa kuat jangkauan TV digital di suatu tempat serta lokasi pemancar sinyal digital terdekat.



 

Atur ulang siaran

Kesalahan pemindaian STB juga bisa jadi penyebab kenapa channel TV digital sedikit. Cara memperbanyak siaran TV digital bisa dengan mengatur ulang siaran televisi digital atau melakukan re-scan.

Demikian penyebab dan cara mengtasi TV digital channel sedikit.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya