SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak bermain gadget. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Penggunaan gadget berupa smartphone atau ponsel pintar pada anak-anak bisa memicu dampak negatif jika tidak disertai peran dan kontrol orang tua. Terlebih, anak-anak tak jarang menggunakan gadget untuk aktivitas non-pendidikan.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Jumat (29/12/2023), banyak dampak negatif dari penggunaan ponsel pintar pada anak-anak.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Yang pertama, anak sering kali tergoda menggunakan gadget untuk aktivitas non-pendidikan, seperti bermain gim, media sosial, atau menonton video hiburan. Hal ini dapat mengaburkan fokus dan produktivitas mereka dalam pembelajaran.

Dampak negatif selanjutnya adalah gadget bisa menjadi sumber distorsi informasi bagi anak-anak. Informasi yang ditemukan di internet memang tidak selalu akurat dan anak-anak yang sudah memasuki usia pelajar perlu mengembangkan kemampuan kritis untuk menyaring informasi yang benar-benar berguna dan valid.

Belum lagi, gadget juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik anak-anak, seperti masalah mata, postur tubuh yang buruk, dan gangguan tidur. Selain itu, gadget juga bisa memicu ketergantungan dan anak-anak bisa saja kehilangan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah di luar lingkungan digital.

Namun perlu diingat, gadget tak melulu berdampak negatif, namun juga memiliki dampak positif bagi anak-anak jika digunakan sesuai porsi disertai kontrol orang tua. Aplikasi yang terpasang pada gadget juga menjadi pengaruh besar terhadap dampak gadget pada anak-anak.

Anak-anak sebaiknya tak memiliki kontrol penuh pada gadget. Orang tua lah yang seharusnya memegang kendali dan menentukan aplikasi apa saja yang terpasang pada gadget anak.

Perlu diingat, peredaran video yang bebas di berbagai aplikasi gadget rawan menyasar anak-anak. Asupan video bisa menjadi guru yang bakal ditiru anak-anak.

Untuk menangkal dampak negatif gadget pada anak-anak, terutama melalui peredaran video, Kemdikbudristek sudah bergerak cepat dengan meluncurkan platform bernama IndonesianaTV.

IndonesianaTV merupakan saluran multi-kanal platform media yang memublikasikan pengetahuan dan informasi publik seputar kebudayaan yang hidup di Indonesia.

IndonesianaTV hadir dalam bentuk aplikasi untuk memberikan edukasi dan budaya dengan visualisasi terbaik bagi anak maupun remaja. Ingat, konten-konten di IndonesianaTV enggak kaku dan membosankan kok, justru asyik dan banyak pilihannya!

Ada banyak konten video animasi, dokumentasi, dokumenter, drama musikal, eksperimental, fiksi, hingga talkshow. Ada pula berbagai topik video seperti topik keluarga, lagu anak-anak, hingga lagu daerah.

Aplikasi ini bisa disebut yang terbaik bagi anak karena mampu membangun ekosistem kebudayaan yang menyatukan bangsa Indonesia dalam keberagaman, kegembiraan, keterbukaan, dan kesetaraan.

Nah, aplikasi IndonesianaTV sudah ada di Google Playstore, loh! Jadi, aplikasi ini bisa segera Anda unduh sebagai solusi atas dampak negatif gadget pada anak-anak.

Download aplikasi IndonesianaTV dengan KLIK DI SINI!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya