SOLOPOS.COM - Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)

Solopos.com, SOLO Acer kembali hadir dengan laptop indah, elegan, namun memiliki spesifikasi dan kemampuan sangar. Kali ini, Acer menghadirkan Swift Edge SFA16-41 dengan layar OLED.

Tak tanggung-tanggung, layar OLED di laptop ini memiliki bentang di 16,6 inci ber rasio 16:10 dengan resolusi 4K atau 3.840 piksel x 2400 piksel. Layar ini memiliki tingkat akurasi warna yang sempurna, mencapai 100% DCI-P3. Memang, refresh rate layar di Acer Swift Edge 16 ini masih di 60Hz. Tapi di sisi lain, tingkat kecerahannya sudah mencapai 500 nits.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Layar sesangar ini sudah memenuhi sertifikasi TUV Rheinland yang menjamin akurasi warna tinggi dengan meminimalisir cahaya biru. Itu artinya, laptop ini aman bagi mata para pengguna meski digunakan cukup lama. Tentu, laptop dengan layar seperti ini cocok untuk para konten kreator yang selalu sibuk editing video hingga rendering 3D.

Bukan cuma jualan dari sisi layar, Acer juga memberikan segudang keunggulan di Swift Edge 16. Mulai desain hingga spesifikasi dapur pacu, Swift Edge 16 enggak bakal bikin kecewa.

Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K.
Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)

Desain

Dimulai dari desain, laptop ini tampil dengan warna flax white yang tampak seperti biru cerah. Tidak banyaknya ornamen pada bagian bodi membuat Acer Swift Edge 16 tampak clean dan profesional.

Body laptop ini tersusun dari materi alumunium yang membuatnya sangat kukuh namun tetap ringan dengan berat hanya mencapai 1,1 kg. Hal ini menjadikan Swift Edge menjadi laptop 16” dengan 4K OLED paling tipis dan ringan di dunia. Laptop ini sangat mudah dibuka dengan satu tangan dan engsel belakang akan sedikit mengangkat saat dibuka sehingga posisinya lebih ergonomis untuk digunakan.

Spesifikasi

Dari segi spesifikasi dapur pacu dan penyokongnya, laptop ini tak perlu diragukan lagi kemampuannya. Prosesor yang dibawa Acer Swift Edge 16 ini adalah AMD Ryzen 5 6600U berfabrikasi 6 nm dengan enam cores dan 12 threads di angka L3 cache mencapai 16 MB.

Prosesor perkasa yang irit daya itu disokong integrated graphics AMD Radeon 660M dengan 384 stream processors. Untuk urusan memori, laptop ini sudah dibekali RAM 16 GB dual channel yang akan membuat performanya semakin kencang dan smooth.

Pengguna laptop Swift Edge 16 juga enggak akan khawatir soal penyimpanan data. Laptop cantik ini sudah mengantongi storage 512 GB SSD NVME PCIE Gen 4×4. Jika dirasa kurang, masih ada slot kosong yang bisa dipasangi storage bertipe m.2.

Dengan dapur pacu yang kencang, laptop ini juga memiliki konektivitas yang kencang pula, yakni modul Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dua port USB tipe C 3.2 Gen 3 dengan kecepatan 10 Gbps yang sudah mendukung power delivery serta display output dan display port, dua port USB tipe A 3.2 Gen 1 5 Gbps, port HDMI 2.1, serta audio combo jack.

Untuk menunjang pemakaian sehari-hari, Acer Swift Edge 16 menggendong baterai 54Wh. Baterai sebesar itu didukung charger 65 Watt yang sudah disertakan dalam paket penjualan.

Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K.
Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)

Fitur

Laptop dari Acer ini tentu sudah dipasarkan dengan dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 11. Bukan hanya itu, Acer juga memberikan Office Home & Student secara gratis. Acer Swift Edge 16 sudah dilengkapi dengan sistem biometrik sidik jari yang menyatu dengan tombol power atau tombol daya. Fitur ini tentu meningkatkan keamanan dan memudahkan penggunanya.

Untuk urusan ketik-mengetik, laptop ini dibekali dengan keyboard yang cukup nyaman dengan travel distance yang clicky. Keyboard ini dilengkapi backlit berwarna putih dengan dua tingkat kecerahan. Touchpad di laptop ini pun tergolong lebar sehingga pengguna semakin nyaman.

Tak lengkap jika laptop tidak memiliki webcam. Laptop pada umumnya dilengkapi dengan webcam beresolusi 720p. Namun Acer Swift Edge 16 ini membawa webcam 1080p sehingga gambar yang dihasilkan lebih tajam. Webcam ini dilengkapi dua mikrofon yang juga berada di atas layar.

Acer Swift Edge 16 juga dilengkapi dengan dua speaker yang menghadap ke alas. Speaker ini menghasilkan suara yang cukup imersif dan detail.

Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K.
Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)

Performa

Laptop dengan dapur pacu seperti ini tentu cukup mumpuni untuk urusan video editing. Dengan aplikasi DaVinci Resolve Free Version, laptop ini mampu me-render video template berdurasi 2 menit 7 detik beresolusi 1080p dalam waktu kurang dari 5 menit. Jika aplikasi kelas berat seperti itu mampu dihajar, maka sudah bisa dipastikan Acer Swift Edge 16 ini mampu diajak untuk mengerjakan apa pun.

Untuk urusan transfer data, storage di laptop ini memiliki kecepatan baca di atas 6.000 Mbps. Sedangkan kecepatan tulisnya ada di atas 5.000 Mbps.

Dengan performa sangar dan spesifikasi gahar, laptop dengan nama lengkap Acer Swift Edge SFA16-41 OLED ini memiliki ketahanan baterai yang luar biasa. Saat dipakai untuk menonton video terus menerus dengan kecerahan layar 50%, laptop ini mampu bertahan sekitar 10 jam. Sedangkan pengisian dayanya dari 0% ke 100% membutuhkan waktu sekitar 150 menit menggunakan charger bawaan 65 Watt.

Kesimpulannya, laptop ini adalah paket komplit untuk para profesional hingga content creator dan masih cukup kuat untuk bermain game essential hingga triple A. Performa sangar, layar OLED 4K, dapur pacu gahar, desain elegan, dan daya tahan baterainya membuat Acer Swift Edge SFA16-41 OLED bisa disebut sebagai laptop idaman semua kalangan.

Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K.
Acer Swift Edge SFA16-41 OLED 4K. (Solopos.com/Ginanjar Saputra)

Harga dan Ketersediaan

Spesifikasi sangar yang diringkas dalam bodi elegan tak serta-merta menjadikan Acer Swift Edge 16 ini sebagai laptop overprice alias mahal. Laptop ini masih dibanderol di bawah Rp20juta, tepatnya mulai Rp16.999.000, turun harga dari sebelumnya yang Rp19.999.000.

Dengan harga di bawah Rp17 jutaan, Acer Swift Edge 16 OLED cukup worth it untuk dibeli di akhir 2023 ini. Spesifikasi yang diberikan pun setimpal dengan harga yang harus dibayar. Harga ini tentu sangat bersaing jika dibandingkan dengan kompetitor lain di kelasnya.

Acer Swift Edge 16 OLED masih tersedia dan bisa kamu dapatkan di official online store Acer atau di berbagai online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Masih ada pula diskon jutaan rupiah jika kamu membelinya di official store Acer di berbagai online marketplace yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya