SOLOPOS.COM - CEO SpaceX Elon Musk seusai meresmikan layanan Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod Denpasar, Minggu (19/5/2024). (Antara/Ni Putu Putri Muliantari)

Solopos.com, JAKARTA – CEO X dan SpaceX, Elon Musk, segera meluncurkan Starlink Mini di area tertentu. Starlink Mini ini memiliki ukuran seperti tablet, yakni hanya 11.4 inci x 9.8 inci.

Terkait rencana peluncuran Starlink Mini dari Elon Musk itu, Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan komentar. Produk tersebut bisa membuat Elon Musk berpeluang meraup pendapan minimal Rp2,2 triliun per bulan dari pasat Indonesia.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Elon Musk kabarnya menyiapkan antena ground segment Starlink yang lebih mungil dengan harga 50% lebih murah dibandingkan dengan perangkat yang ada saat ini.

Sekretaris Umum APJII, Zulfadly Syam, mengatakan APJII telah memprediksi bahwa layanan yang diberikan oleh Starlink atau Elon Musk hanya pembuka jalan saja. Pemerintah disebut gagal paham soal besarnya pasar potensial yang akan diambil Elon Musk.

Sesuai dengan survei APJII, penduduk yang melek internet ada 79,5% dari total populasi di Indonesia. Artinya, ada 221 juta penduduk di Indonesia yang menggunakan internet.

“Katakanlah, secara konservatif, Elon Musk dengan berbagai macam teknologinya akan mencoba mengambil pasar Indonesia minimal 10%, dari jumlah penduduk yang melek internet di Indonesia. Artinya ada 22 juta pengguna,” kata Zulfadly kepada Bisnis, Kamis (20/6/2024).

Zulfadly menambahkan jika satu perangkat atau  layanan dijual dengan keuntungan paling kecil Rp100.000, maka dalam sebulan, keuntungan yang didapat Elon Musk mencapai Rp2,2 triliun.

“Bisa dibayangkan betapa kelirunya pemerintah di dalam menata ini, memberikan resources kita dengan begitu mudahnya ke Elon Musk dan mereka bisa dapat besar banget dari itu,” kata Zulfadly.

Tidak hanya itu, Zulfadly juga menyinggung perihal Starlink untuk puskesmas di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Menurutnya, Elon Musk memiliki perhitungan matang tentang peluang pendapatan yang bisa dia raup.

“Potensi market di daerah 3T memang masih cukup besar, karena di beberapa lokasi/posisi itu memang membutuhkan. Jadi kalau dikatakan apakah untung, itu tergantung dari kali banyaknya seperti apa,” kata Zulfadly.

Dia menuturkan jika melihat dari perhitungan-perhitungan yang ada, Elon Musk bukan menyasar wilayah 3T, melainkan daerah urban dan perkotaan. Dugaan tersebut diperkuat dengan harga layanan Starlink yang sebesar Rp750.000 per bulan untuk paket termurah.

“Karena pada dasarnya basis kita kan kapitalis. Jadi kalau sudah mendapatkan satu keuntungan, tidak mungkin tidak akan melebarkan sayap ke daerah-daerah yang lebih ramai,” kata Zulfadly.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) Jerry Mangasas Swandy, mengatakan banyak negara di dunia, selain China, yang melarang Starlink.  Beberapa alasannya karena keamanan dan melindungi pemain dalam negeri.

“Pelindungan terhadap perusahaan di dalam negeri dan Starlink adalah salah satu pemain sangat vertical menguasai dari roket, manufaktur satelit, manufaktur ground segment, terminal dan servicesnya, sehingga perusahaan apapun di indonesia sulit menciptakan playing field yang sama,” kata Jerry.

CEO X dan SpaceX, Elon Musk mengungkap akan meluncurkan Starlink Mini dalam beberapa bulan ke depan ke area tertentu. Starlink Mini ini hadir dengan ukuran seperti tablet, yakni 11.4 inci x 9.8 inci. Harga bakal makin murah dan muat di ransel.

Dikutip dari PCMag, Selasa (18/6/2024), akhir pekan lalu, perusahaan merilis pembaruan pada aplikasi Starlink, yang kabarnya menyertakan halaman untuk produk yang akan datang.

Dalam cuitan di platform X, seorang insinyur di Ukraina Oleg Kutkov mengatakan dia dapat mendekompilasi pembaruan untuk menemukan gambar resmi antena Starlink Mini. Gambar tersebut mengonfirmasi bahwa model Starlink Mini akan menjadi versi yang lebih kecil dan lebih portabel dari antena parabola Starlink standar V4 saat ini.

Kedua perangkat memiliki fitur kick stand. Namun, Mini Dish seharusnya seukuran Apple MacBook, menurut dokumen FCC.

Elon Musk pun ikut mengomentari gambar tersebut dan mengklaim dirinya sudah menggunakan perangkat Starlink Mini melalui luar angkasa. Bahkan, dia juga menyebut Starlink versi mini dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam ransel.

“Butuh waktu kurang dari 5 menit. Mudah dibawa dalam ransel. Produk ini akan mengubah dunia,” tulis Elon Musk dalam akun X miliknya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Starlink Mini Murah Hadir, Elon Musk Berpotensi Raup Rp2,2 Triliun per Bulan di RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya